KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERMAINAN BOLA VOLI SISWA KELAS XI TKR 2 SMK DARUSSALAM SUBAH
Abstract
Abstrak
ADIL AMRILLAH. NPM 18230140. “Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Materi Permainan Bola Voli Siswa Kelas XI TKR 2 SMK Darussalam Subah”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Osa Maliki, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Danang Aji Setyawan, S.Pd., M.Pd. Agustus. 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas XI TKR 2 SMK Darussalam Subah dalam pembelajaran permainan bola voli, yaitu terdapat siswa yang belum memenuhi kriteria atau belum menunjukan hasil yang diharapkan. Hasil belajar peserta didik sebagian besar belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah yaitu 75. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model pembelajaran menggunakan game yaitu Teams Games Tournament apakah mampu meningkatkan hasil belajar permainan bola voli peserta didik SMK Darussalam Subah kelas XI TKR 2 dan mengetahui keefektifan dari model Teams Games Tournament tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI TKR 2 SMK Darussalam Subah dengan sampel 25 siswa. Metode yang digunakan pada saat pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, tes (pretest-posttest) dan dokumentasi. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, hasil perhitungan data perhitungan rata-rata nilai pretest yaitu 70,4 kemudian rata-rata yang didapat nilai posttest yaitu 86. Dari hasil perhitungan uji t dengan dk=24 dan taraf nyata maka diperoleh nilai = 2,063, hasil perhitungan uji t diperoleh nilai = 8,117. Karena > yaitu 8,117 > 2,063, sehingga hipotesis dapat diterima. Maka bisa diambil kesimpulan bahwa pembelajaran Teams Games Tournament efektif dalam peningkatan hasil pembelajaran materi permainan bola voli peserta didik XI TKR 2 SMK Darussalam Subah. Adapun saran yang bisa disampaikan yaitu pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dapat dijadikan sebagai pembelajaran yang menyenangkan dan aktif serta dapat mambantu siswa untuk meningkatkan dalam memahami terhadap materi saat diberikan yang akan dipelajari.
Full Text:
PDFReferences
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Nur, L. (2016). PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA (H. Y. M. Nandang Rusmana (ed.)). RIZQI PRESS.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Pertama). PRENADAMEDIA GROUP.
Sugiyono. (2010). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (10th ed.). ALFABETA, cv.
Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi (A. Nuryanto (ed.)). ALFABETA, cv.
Ysh, A. Y. S. (2017). Kapita Selekta Landasan Kependidikan (P. Sudarmo (ed.)). Magnum Pustaka Utama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.