ANALISIS KEPRIBADIAN, KREATIVITAS DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kepribadian, kreativitas, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai dan data yang digunakan adalah data kuantitatif. Sebanyak 104 sampel diambil secara simple random sampling, dari jumlah populasi 140. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian, kreativitas, dan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X SMK Cut Nya’ Dien Semarang, baik secara simultan maupun parsial. Dalam menumbuhkan minat berwirausaha perlu dilakukan beberapa hal, antara lain adalah : 1). Pihak sekolah dapat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan kewirausahaan ; 2) Siswa lebih mengembangkan potensi yang dimilikinya dan menambah wawasan kewirausahaan; 3) Lingkungan siswa dapat mendukung dan memotivasi untuk berwirausaha.
Abstract
This study aims to describe the influence of personality, creativity, and environment to entrepreneurial interests. The method used in this research is survey method and the data used is quantitative data. A total of 104 samples were taken by simple random sampling, from population 140. Data analysis technique used descriptive percentage analysis, classical assumption test, and multiple linear regression analysis with the help of IBM SPSS 16.0 program. The result of this research shows that personality, creativity, and environment have positive and significant effect to entrepreneurship interest of grade X students of SMK Cut Nya 'Dien Semarang, either simultaneously or partially. In growing entrepreneurship interests need to be done several things, among others are: 1). The school may organize activities related to entrepreneurship; 2) Students further develop their potential and add entrepreneurial insight; 3) Student environment can support and motivate to entrepreneurship.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/sta.v1i1.6114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.