ANALISIS MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) DI JAWA TENGAH
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan persepsi risiko terhadap minat bertransaksi menggunakan financial technology (fintech) di Jawa Tengah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat Jawa Tengah yang memiliki akses terhadap internet dengan sampel yang diambil menggunakan metode convenience dan snowball sejumlah 100 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa keempat variable bebas berpengaruh signifikan terhadap minat bertransaksi menggunakan fintech secara terpisah maupun secara simultan.
Kata kunci : Fintech, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Kepercayaan, Risiko, Minat, Financial Technology.
ABSTRACT
This study was conducted to analyze the influence of perceived usefulness, perceived ease of use, trust, and perceived risk towards people’s intention to use financial technology (fintech) in Central Java, Indonesia. The population was the residents who had access to the internet in Central Java. A hundred samples were drawned using convenience and snow ball sampling methods. Multiple linear regression was used to proof the hypothesis. The result showed that the four independent variables had significant influence on people’s intention to use fintech. The influences were shown both for individual variable and silmutaniously.
Keywords: Fintech, Perceived Ease of Use, Effectiveness, Trust, Risk, Interest, Financial Technology.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Amalia, Siti Nur Annisa. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Individu terhadap Financial Technology (Fintech) Syariah (Paytren) Sebagai Salah Satu Alat Transaksi Pembayaran (Pendekatan technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Iqtishaduna. Vol.IX No.1.
Anarjia, Kevin dan Jones Z. Rante. 2018. “Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik Sakuku PT. Bank Central Asia, Tbk KCU Cikarang”. Jurnal Sistem Informasi, Institut Bisnis dan Multimedia ASMI, Jakarta. Vol. 1 No.2.
APJII. 2018. Pengguna dan Perilaku Internet Indonesia. Buletin APJII.
APJII. 2019. Survei APJII yang Ditunggu-tunggu, Penetrasi Internet Indonesia 2018. Buletin APJII.
Azizi, Muamar. 2016. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Risiko Terhadap Keputusan Nasabah Manggunakan E-Banking pada PT Bank BNI Syariah KC Yogyakarta. Skripsi. Salatiga :FEBI IAIN Salatiga.
Catradiningrat, R. M. Yusuf. (2017). Towards Financial Inclusiveness Through Financial Technology, National Seminar Development Economics Event 2017, Research and Development of Academics HMPSEP 2016/2017.
Chuang, Lui, dan Kao. 2016. The Adoption of Fintech Service: TAM Perspective. International Journal of Management and Administrative Science. Vol.3. ISSN : 2225-7225.
Davis et.al. A Technology Acceptance Model For Empirically Testing New End User Information System Theory And Result. Doctoral Dissertation. Soan School Management, Massacusettsinstitute Of Technology. 1998.
Davis, F.D., Bagozi, R.P., Warshaw, P.R., User Acceptance of Computer Technology: AComparison of Two Theoritical Models. Management Science Vol. 35, No. 8. Pp. 982-1003, 1989.
Eltin, Ghina Qothrunnada. 2019. Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Niat Berperilaku Dalam Mengadopsi Financial Technology (Fintech). Skripsi, Lampung: FEB Universitas Lampung.
Fedinand, Augusty. 2013. MEtode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gefen, Karahanna, dan Straub. 2003. Trust and TAM in Online Shopping: An Integrated Model. MIS Quartely. Vol.27.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanafi, Mahmud M. 2014. “Manajemen Risiko”. Yogyakarta: UPP STIMPYKPN. Harefa, Alvani Amaerita dan Posma Sariguna Johnson Kennedy. 2018. “Financial Teknology, Regulasi Adaptasi Perbankan di Indonesia”. Fundamental Management Journal, Jakarta. Vol. 3 No. 1.
Immawati, Siti Asriah dan Dadang. 2019. “Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Teccnology (Fintech) di Kota Tangerang”. Jurnal Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Irmadhani dan Mahendra Adi Nugroho.2012. Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Computer Self Efficacy Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal FE UNY, Vol. 1 No. 3. [Online]
Karim, Mustofa Abdul. 2017. Pengaruh Sistem Pembayaran Go-pay Menggunakan TAM (Technology Acceptence Model) Terhadap Intensitas Penggunaan Layanan Gojek. Skripsi. FE UII.
Kennedy, P. S. J. 2017. Literature Riview : Tantangan Terhadap Ancaman Disruptif dari Financial Technology dan Peran Pemerintah dalam Menyikapinya, (2), 171−182
Kurnianingsih, Heny dan Trisna Maharani. 2020. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan E-Money di Jawa tengah.Jurnal Ilmia Akuntansi dan Teknology. Vol. 12. No. 1
Kusumawati, Rafi Irbah dan Brady Rikumahu. 2019. “Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Analisis Niat Perilaku Penggunaan Internet Banking pada Mahasiswa Universitas Telkom”. Jurnal Mitra Manajemen (JMM), Universitas Telkom. ISSN 2614-0365, e-ISSN 2599-087X. Vol.3.No.2. http://e-jurnalmitramanajemen.com.
Lee, C., & Wan, G. (2010). Including subjective norm and technology trust in the technology acceptance model. ACM SIGMIS Database, 41(4), 40. https://doi.org/10.1145/1899639.1899642.
Lee dan Shin. 2017. Fintech: Ecosystem, Business Models, Investment Decisions, and Challenges. Journal of Computer Science.
Mahubessy, Victor Jonathan. 2019. “Pengaruh Penerimaan Sistem Pembayaran E-Cash dengan Menggunakan TAM (Technology Accaptance Mo del) Terhadap Intensitas Transaksi Non Tunai)” Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, Universitas Airlangga. ISSN: 2620-4339
Oentario, Y., Harianto, A., Irawati, J. 2017. Pengaruh Usefulness, Ease Of Use, Risk Terhadap Intentionto Buy Onlinepatisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial Di Surabaya. Jurnal Manajemen pemasaran. 11 (1). 26-31.
Paath, David Kristian dan Ria Manurung. 2019. “Analisis Persepsi Pengguna Layanan Transaksi Digital Terhadap Financial Technology (Fintech) dengan Model E-Money (Study Kasus: Layanan Go-Pay “Gojek” di Purwokerto)”. Jurnal HUMMANSI, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso Purwokerto. Vol. 2 No.2.
Pavlou, Paul A. 2010. Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating, Trust and Risk with the Technology Acceptance Model. International journal of Electronic Commerce, Vol. 7.
Priambodo, S., dan B. Prabawani, "PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN UANG ELEKTRONIK (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang)," Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 127-135, Mar. 2016. [Online].
Rahayu, Isna Rifka. 2019. Terbatas Akses Teknologi, Pengguna Fintech terbanyak Masih dari Jakarta. https://www.inews.id/finance/keuangan/terbatasakses-teknologi-pengguna-fintech-terbanyak-masih-dari-jakarta (diakses pada 06 Desember 2019).
Rahayu, Rurie Wiedya. 2018. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, dan Inovasi Teknologi Terhadap Aplikasi Go Pay Dari PT. Gojek Indonesia (Studi Pada Masyarakat di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FE. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Saputra, Imam Yuda 2020. Pasar Fintech di Jateng Tumbuh Pesat. https://m.solopos.com/pasar-fintech-di-jateng-tumbuh-pesat-ini-buktinya-1040355 (diakses pada 23 Juni 2020).
Shomad, Andrie Cesario, and Bambang Purnomosidhi. 2012. “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Risiko Terhadap Perilaku Penggunaan E-Commerce.” Jurnal Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya 1 (2):1–20.
Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Suyanto dan Taufan Adi Kurniawan. 2019. “Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Penggunaan FinTech pada UMKM Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)”. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Akmenika, Universitas Sarjanawiyata Tamansisw a Yogyakarta. Vol. 16. No. 1.
Syahril, Wahyuni Nur dan Brady Rikumahu. 2019. “Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan E-Money pada Mahasiswa Universitas Telkom”. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), Universitas Telkom. ISSN: 2614-0365, e-ISSN: 2599-087x. Vol. 3 No. 2. http://e-jurnalmitramanajemen.com.
Venkatesh, V. and Fred D. Davis. “A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies.: Four Longitudinal Field Studies.” (2000). [Online]
Wildan, Muhammad. 2019. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech). Skripsi. Semarang: FEBI UIN Walisongo Semarang.
Yani, E., Lestari, A. F., Amaia H., Puspita, A. 2018. “Pengaruh Internet Banking Terhadap Minat Nasabah dalam Bertransaksi dengan Technology Acceptance Model”. Jurnal Informatika. Vol. 5 No. 1. 34−42 Retrieved form Research Gate
DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v3i2.7783
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.