IMPLEMENTASI PENDEKATAN SETS PADA PENYUSUNAN CERITA DONGENG BAGI GURU PAUD

Azzah Nayla, Ambarini Asriningsari

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan penyusunan cerita Dongeng merupakan salah satu bentuk kegiatan guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) untuk membangkitkan imajinasi dan memperkenalkan nilai-nilai moral bagi siswa sejak dini. Cerita dongeng juga cara yang ampuh untuk mempermudah mereka memahami akan informasi yang diperoleh. Dalam kegiatan mengisahkan cerita dongeng, maka perlu diadakan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif terhadap pembelajaran Menulis Cerita Dongeng bagi guru PAUD. Tujuan dalam tulisan ini yaitu mendeskripsikan implementasi pendekatan SETS pada penyusunan cerita dongeng bagi guru PAUD. Tulisan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan melalui tahap observasi dan penerapan pendekatan SETS pada penyusunan Cerita Dongeng bagi guru PAUD. Para guru PAUD biasanya dalam mengimplementasikan pendekatan SETS dapat membantu mereka dalam penyusunan dongeng. Dalam penusunan cerita dongeng, para guru PAUD menjadi mudah untuk menyusun cerita dongeng. Hal tersebut dapat diketahui bahwa cerita dongeng yang ditulis guru dapat memenuhi unsur science yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, environtment yaitu memanfaatkan lingkungan sekitar, technology yang visualisasi cerita digambarkan dengan memanfaatkan teknolgi komputer dan internet, serta society yaitu isi cerita dongeng membawa dampak kepada masyarakat yang berkaitan dengan nilai-nilai dalam kemasyarakatan.

 

Kata Kunci: SETS, penyusunan cerita dongeng, guru PAUD.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Pnelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Asriningsari, Ambarini, Azzah Nayla, Rosalina Br. Ginting. 2018. “Animated Media Development of Social Context in Learning Writing Short Stories” IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME) Volume 8, Issue 3. Ver III (May-June 2018). http://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-8%20Issue-3/Version-5/E0803051620.pdf.

Baraja, Abubakar. 2006. Mendidik Anak dengan Teladan. Jakarta: Studia Press.

Binadja, Achmad. 1999b. “Cakupan Pendidikan SETS untuk Bidang Sains dan Nonsains”. Makalah. Seminar Lokakarya Nasional

Pendidikan SETS untuk Bidang Sains dan Nonsains. UNNES, Semarang 14-15 Desember 1999.

Binadja, Achmad. 2000. Pembelajaran SETS Sains Berwawasan SETS untuk Pendidikan. Semarang: FMIPA UNNES.

Binadja, Achmad. 2006. Integrasi Visi SETS dalam Pengembangan Kurikulum, Implikasi, dan Implementasinya. Makalah. Disajikan pada

Seminar WorkshopPuskur. Puskur Depdiknas, Jakarta 7-9 Maret 2006.

Borich, Gary D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching (2”ed.) Colombus, OH: Merril.

Bunain, Burhan. 2003. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Horhandayani. 2007. Ma.. Dongengin Aku Yuk. Surakarta: Afra Publishing.

Priyono, Kusumo. 2006. Terampil Mendongeng. Jakarta: Grasindo.

Nuraini, Farida. 2010. Membentuk Karakter Anak dengan Dongeng.

Surakarta: Indiparent.

Puskur Balitbang Depdiknas. 2003. Model Pembelajaran dengan Visi dan Pendekatan SETS




DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v6i2.9824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.