Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah melalui pemilian model pembelajaran yang sesuai. Salah satu model yang dapat digunakan mencapai pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran inkuiri.Model pembelajaran inkuiri merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memiliki pengalaman belajar yang nyata dan aktif, siswa dilatih bagaimana memecahkan masalah sekaligus membuat keputusan. Tujuan dari penelitian ini Membuat pengembangan modul pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan alat peraga tabung resonansi horizontal dan Mengetahui karakteristik modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing berbantuan alat peraga tabung resonansi horizontal. Penelitian menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Develepment (R&D) dengan desain ADDIE. Tahapan penelitian ini adalah Analysis, Design, dan Development. Modul pembelajaran dapat digunakan sebagai pendamping peserta didik untuk belajar mandiri. Modul pembelajaran ini dikatakan valid dengan rata-rata hasil indeks Aiken sebesar 0,82 dengan nilai tinggi validitasnya. Dan hasil rata-rata uji coba pada peserta didik sebesar 83,33% . berdasarkan hasil uji coba modul yang dilakukan maka modul pembelajaran ini dikatakan dapat digunakan sebagai modul pendamping belajar peserta didik.
Kata kunci: pembelajaran fisika, inkuiri, tabung resonansi
Al-Tabany T I 2014 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan kontekstual (Jakarta: Kencana)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tantang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah 2016 (Jakarta: Permendikbud)
Fitasari N, Bektiarso S, dan Subiki 2018 Model Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Hukum Newton dalam Pembelajaran Fisika SMA Seminar Nasional Pendidikan Fisika 95-102
Setiawati R, Fatmaryanti S D, dan Ngazizah N 2013 Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Sikap Ilmiah Peserta Didik Pada bahasan Listrik Dinamis di SMAN 8 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013 Radiasi 24-27
Widyatmoko dan Pamelasari 2014 Pembelajaran Berbasis Proyek Alat Peraga Lens Tema Mata Kelas VIII untuk menumbuhkan Keterampilan Peserta Didik Pendidikan IPA Terpadu 109-115
Sugiyono 2016 Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta)
Retnasari H 2016) Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Yogyakarta: Parama Publishing)