Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Aplikasi Android Menggunakan iSpring Suite 10

Qonik Niamul Azya, Harto Nuroso, Wawan Kurniawan

Abstract


Sistem pembelajaran di SMA Negeri 1 Grobogan pada kelas X masih menerapkan proses pembelajaran satu arah, pemanfaat media pembelajaran interaktif berbasis teknologi belum dimaksimalkan oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Fisika berbasis aplikasi android yang layak diuji cobakan ke peserta didik sebagai salah satu sumber belajar mandiri untuk kelas 10 semester gasal. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang memiliki lima tahap, meliputi potensi dan masalah, studi literatur/pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan desain teruji. Aplikasi yang dikembangkan divalidasi oleh tiga validator ahli dan tiga validator praktisi. Pengumpulan penilaian produk dilakukan dengan memberikan lembar validasi kepada validator ahli dan validator praktisi untuk mengetahui tingkat validitas aplikasi yang telah dikembangkan. Data terkumpul kemudian dilakukan analisis dengan mengubah ke bentuk persentase. Hasil penilaian menunjukkan bahwa produk aplikasi yang dikembangkan mendapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 86,67% oleh validator ahli dengan kategori sangat layak sementara rata-rata persentase penilaian oleh validator praktisi sebesar 93,03% dengan kategori sangat layak. Persentase penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Fisika berbasis aplikasi android dapat diuji cobakan ke peserta didik.
Kata kunci: android, Fisika, e-modul


Abstract. The learning system at SMA Negeri 1 Grobogan in grade 10 still applies a one-way learning process, the use of technology-based interactive learning media has not been maximized by educators. This study aims to produce an Android application-based Physics learning media that is worthy of being tested on students as a source of independent learning for grade 10 odd semesters. This study uses the Research and Development (R&D) method which has five stages, including potential and problems, literature study/data collection, product design, design validation, and tested design. The developed application was validated by three expert validators and three practitioner validators. The collection of product assessments is carried out by providing validation sheets to expert validators and practitioner validators to determine the level of validity of the applications that have been developed. The collected data is then analyzed by converting it to percentage form. The results of the assessment show that the application product developed gets an overall average of 86.67% by expert validators in the very feasible category while the average percentage of assessment by practitioner validators is 93.03% in the very feasible category. The percentage of these assessments can be concluded that the Android application-based Physics learning media can be tested on students.
Keywords: android, Physics, e-module


Full Text:

PDF

References


R. Öz and M. T. Kayalar, 2021, A Comparative Analysis on the Effects of Formal and Distance Education Students Course Attendance Upon Exam Success, vol. 10, no. 3, pp. 122–131.

Muthmainnah, J. Rokhmat, and J. ’Ardhuha, 2017, Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen Virtual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015, vol. III, no. 1.

N. H. A. Rustandi and Asyril, 2020, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi Airlangga Tahun Ajaran 2020/2021, vol. 15, no. 2, pp. 4085–4092.

I. R. Karo-Karo and Rohani, 2018, Manfaat Media dalam Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 91–96.

A. Wulandari, 2018, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Dasar-Dasar Algoritma dan Pemograman untuk Siswa Kelas X SMK Nasional Berbah.

F. Armansyah, Sulton, and Sulthoni, 2019, Multimedia Interaktif sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi, vol. 2, no. 3, pp. 224–229.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

A. Kusumam, Mukhidin, and B. Hasan, 2016, Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan, vol. 23, pp. 28–39.

M. S. M. Rahmi, M. A. Budiman, and A. Widyaningrum, 2019, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku, Int. J. Elem. Educ., vol. 3, no. 2, p. 178.




DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v1i3.13129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lontar Physics Today

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Lontar Physics Today ISSN 2828-0970 (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats