E-Modul Gerak Melingkar Beraturan Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Siswa Inklusif Slow Learner Berbantuan Flip PDF Professional
Abstract
Pembelajaran yang semakin fleksibel memudahkan setiap peserta didik memperoleh informasi, salah satunya melalui e-modul. Peserta didik khususnya pada anak-anak dengan kebutuhan khusus (ABK) diantaranya yaitu anak dengan diagnosa slow learner, mereka masih memiliki hasil belajar yang rendah dan dibawah rata-rata dalam aspek membaca, menulis dan aritmatika. Penyesuaian dengan model pembelajaran kontekstual dibantu menggunakan e-modul menjadi salah satu alternatif permasalah pada peserta didik slow learner dalam kesulitan belajarnya memahami hal-hal abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media e-modul berbasis contextual teaching and learning menggunakan Flip PDF Professional pada pokok bahasan gerak melingkar beraturan sebagai pembelajaran fisika pada siswa inklusi slow learner. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Memulai tahapan dengan menganalisis kebutuhan pengembangan produk serta merumuskan masalah, dilanjutkan dengan mendesain e-modul, dilanjutkan ke tahapan pengembangan melalui uji validasi oleh ahli, serta di implementasikan terhadap siswa slow learner di lapangan dan tahapan akhir melalui evaluasi dari penggunaan e-modul tersebut. Instrumen validasi media menggunakan kuesioner penilaian dengan skala likert. Persentase yang diperoleh dari uji validasi materi sebesar 94,27%, uji validasi media 75,11%, uji validasi pembelajaran 81,33%. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji validasi para ahli memperoleh rata-rata 83,57%, menyatakan bahwa e-modul ini sangat valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada siswa inklusif slow learner. Diharapkan dari penelitian ini adalah e-modul dapat menjadi media alternatif peserta didik berkebutuhan khusus slow learner dalam meningkatkan motivasi belajar serta mengatasi masalah kesulitan belajarnya.
Kata kunci: contextual teaching learning, e-modul, gerak melingkar, inklusi, lamban belajar
Full Text:
PDFReferences
Septiana, F. I., EK, A. B., & Rahmawati, T. (2009). Identifikasi Pengaruh Minat Belajar dengan Hasil Belajar Tematik Siswa Slow Learner di SD Inklusi Kota Bandung.
Wanabuliandari, S., Ristiyani, R., & Kurniasih, N. (2021). E-Modul Matematika Berbasis Santun Berbahasa Bagi Siswa Slow Learner. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1260.
Suparno, S., Praptiningrum, N., & Purwandari, E. (2019). Dampak implementasi pendidikan inklusi terhadap aspek akademik siswa lamban belajar (slow learner). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1).
Annisa, R., Astuti, B., & Mindyarto, B. N. (2019). Tes Diagnostik Four Tier untuk identifikasi pemahaman dan miskonsepsi siswa pada materi gerak melingkar beraturan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 5(1), 25.
Abdi, M. I. (2011). Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI. Dinamika Ilmu, 11(1).
Maftuhatin, L.(2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Kelas Inklusif Di Sd Plus Darul ’Ulum Jombang. Jurnal Studi Islam Oktober, 5(2).
Pratita Manikmaya, & Rully Charitas Indra Prahmana. (2021). Single Subject Research: Pembelajaran Perbandingan Contextual Teaching And Learning untuk Siswa Slow Learner. Journal of Honai Math, 4(1), 35–48.
Purwatiningtyas, M. (2014). Strategi Pembelajaran Anak Lamban Belajar (Slow Learners) Di Sekolah Inklusi Sd Negeri Giwangan Yogyakarta.
Padang, U. N., Pengajar, S., Fisika, J., Universitas, F., Padang, N., & Penulis, K. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan E-Modul Berbasis CTL Dengan Buku Teks Fisika Pada Materi Hukum Newton Gravitasi Dan Usaha Energi Kelas X Sman 2 Padang. Physics Education, 13(3), 419–426.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.
Prawiradilaga, Wawasan Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Wulandari, S., & Prasetyaningrum, S. (2018). Media Stamp Game untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Slow Learner di Sekolah Dasar.
DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v2i1.14439
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lontar Physics Today
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Lontar Physics Today ISSN 2828-0970 (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]