Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Materi Alat Optik Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 13 Semarang
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini diawali dengan pengamatan yang dilakukan Peneliti terhadap nilai rata-rata penilaian tengah semester pada mata pelajaran fisika, dan hasil observasi di kelas yang menunjukkan siswa kesulitan untuk memahami konsep fisika. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SMA Negeri 13 Semarang dengan subjek 35 orang siswa kelas XI MIPA 3. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan pemahaman konsep fisika siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 13 Semarang. Penelitian tindakan (action research) ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa pada materi Alat optik: 1) hasil persentase siklus I adalah 55% (kategori sedang) dan 2) hasil persentase siklus II adalah 65% (kategori tinggi). Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan diterapkannya pendekatan kontekstual dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika bagi siswa kelas XI MIPA 3 dengan baik.
Kata kunci:Pendekatan kontekstual, Problem Based Learning, Pemahaman Konsep Fisika
Full Text:
PDFReferences
Hidayat, M. Y., Rikha, S., & Mauilida, H. (2022). PEiNEiRAPAN MODEiL PEiMBEiLAJARAN PROBLEiM BASEiD LEiARNING ( PBL ) UiNTUiK MEiNINGKATKAN PEiMAHAMAN KONSEiP Application of Thei Probleim Baseid Leiarning ( PBI ) Modeil To Improvei Conceipt Uindeirstanding. 2(1), 25–26.
Muistofa, Z., Suisilo, H., & Muihdhar, M. H. I. Al. (2016). Peineirapan Modeil Peimbeilajaran Probleim Baseid Leiarning Meilaluii Peindeikatan Konteikstuial Beirbasis Leisson Stuidy Uintuik Meiningkatkan Keimampuian Meimeicahkan Masalah Dan Hasil Beilajar Kognitif Siswa Sma. Juirnal Peindidikan: Teiori, Peineilitian, Dan Peingeimbangan, 5(1), 885–889.
Ngalimuin. 2016. Strateigi dan Modeil Peimbeilajaran. Yogyakarta: Aswaja Preissindo
Puirwaningtias, W. S., & Puitra, N. M. D. (2020). Analisis Tingkat Peimahaman Konseip dan Miskonseipsi Fisika pada Pokok Bahasan Alat-alat Optik di SMA Neigeiri 1 Puirwodadi. UiPEiJ Uinneis Physics Eiduication Jouirnal, 9(2), 139–148. https://jouirnal.uinneis.ac.id/sjui/indeix.php/uipeij/articlei/vieiw/41920
Shoimin, Aris. 2014. Modeil Peimbeilajaran Inovatif dalam Kuirikuiluim 2013. Yogyakarta: Ar-Ruizz Meidia
Suidiarta, N. (2019). Peineirapan Modeil Peimbeilajaran Probleim Baseid Leiarning uintuik Meiningkatkan Hasil Beilajar Fisika Mateiri Suihui dan Kalor. Jouirnal of Eiduication Action Reiseiarch, 3(4), 440. https://doi.org/10.23887/jeiar.v3i4.22664
Suilastri, S., & Peirtiwi, F. N. (2020). Probleim Baseid Leiarning Modeil Throuigh Consteixtuial Approach Reilateid With Scieincei Probleim Solving Ability of Juinior High School Stuideints. INSEiCTA: Inteigrativei Scieincei Eiduication and Teiaching Activity Jouirnal, 1(1), 50. https://doi.org/10.21154/inseicta.v1i1.2059
Yoeisoeif, A. (2015). Peineirapan Modeil Probleim Baseid Leiarning uintuik Meiningkatkan Keimampuian Meinanya dan Peinguiasaan Konseip Fisika Keilas X MIA 1 SMA Neigeiri 2 Keidiri. Juirnal PINUiS, 1(2), 96–102.
Yuilianti, Ei., & Guinawan, I. (2019). Modeil Peimbeilajaran Probleim Baseid Leiarning (PBL): Eifeiknya Teirhadap Peimahaman Konseip dan Beirpikir Kritis. Indoneisian Jouirnal of Scieincei and Matheimatics Eiduication, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsmei.v2i3.4366
DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v2i2.15727
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lontar Physics Today
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Lontar Physics Today ISSN 2828-0970 (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]