Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan PhET Simulations
Abstract
Hasil belajar merupakan salah satu jalan yang dapat digunakan untuk meninjau kemajuan dan penugasan peserta didik dalam mempelajari materi tertentu setelah dilakukan proses belajar/pembelajaran. Pada penelitian kali ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek peserta didik kelas XI MIPA 2 Berjumlah 35 peserta didik di SMA Negeri 13 Semarang. Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan berdiferensiasi berbantuan PhET Simulations. Teknik analisis data yang digunakan yaitu stastistik deskriptif, N Gain, dan uji persentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata posttest sebesar 73,86 dan rata-rata N-Gain sebesar 0.40 dengan persentase ketuntasan sebesar 63%. Dilanjutkan pada siklus II memperoleh rata-rata posttest sebesar 87,43 dan rata-rata N-Gain sebesar 0,46 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat dinyatakan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan berdiferensiasi berbantuan PhET Simulations dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 13 Semarang
Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), diferensiasi, PhET Simulations
Full Text:
PDFReferences
Jati and Priyambodo, “Fisika Dasar untuk Mahasiswa Ilmu Komputer dan Informatika,” Yogyakarta: CV Andi, 2009.
W. Herwina, “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 35, no. 2, pp. 175–182, 2021, doi: 10.21009/pip.352.10.
Marlina, “Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif,” pp. 1–58, 2019.
H. Yuliani, R. Mariati, Yulianti, and C. Herianto, “Keterampilan Berpikir Kreatif pada Siswa Sekolah Menengah di Palangkaraya Menggunakan Pendekatan Saintifik.,” J. Pendidik. Fis. dan Keilmuan, vol. 1, no. 3, pp. 48–56, 2017.
H. W. Latipah and Adman, “Penerapam Model Pembalajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 1, no. 2, pp. 274–287, 2018.
I. W. Widia, “Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa,” Indones. J. Educ. Dev., vol. 2, no. 1, pp. 262–273, 2020.
R. Ariyanto, T. W. Khusniyah, and S. Susanto, “Pengaruh Penggunaan Virtual Laboratory PhET Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD pada Pokok Bahasan Rangkaian Listrik,” J. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 1, pp. 52–60, 2022.
C. A. Tomlinson, “Differentiation of Instruction in the Elementaru Grades. ERIC Digest,” pp. 1–7, 2000.
H. Morgan, “Maximizing Student Succes with Differentiated Learning.,” J. Educ., 2014.
E. M. Ramadani and Nana, “Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA : Literature Review,” J. Pendidik. Fis. Tadulako Online, vol. 8, no. 1, pp. 87–92, 2020.
I. A. Nugroho, M. Chotim, and Dwijanto, “Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik,” Unnes J. Math. Educ., vol. 24, no. 6, pp. 425–432, 2013.
S. R. Muzana, S. P. W. Lubis, and Wirda, “Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan PENGGUNAAN SIMULASI PHET TERHADAP,” J. Dedik. Pendidik., vol. 8848, no. 1, pp. 227–236, 2021.
M. Elisa and A. R, “Pemahaman Konsep Fisika dan Aktivitas Mahasiswa Melalui Simulasi PhET,” J. Penelit. Tindakan Kelas dan Pengemb. Belajar, vol. 1, no. 1, pp. 15–20, 2017.
Darrah, Humbert, Finstein, Simon, and Hopkins, “Are Virtual Labs as Effective as Hands-on Labs for Undergraduate Physics? A Comparative Study at Two Major Universities,” J. Sci. Educ. Technol., vol. 23, no. 3, pp. 803–814, 2014.
Sudjana, Metode Statistika. Bandung: Tarsito, 2005.
D. Irdhina, I. . Suwarma, M. Anggraeni, N. . Purba, and M. . Saad, Model Pengembangan Pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Flexible Sebagai Wujud Merdeka Belajar di SD Cikal Cilandak. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia, 2021.
DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v2i2.15777
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lontar Physics Today
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Lontar Physics Today ISSN 2828-0970 (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]