Kajian Literatur : Penggunaan Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika
Abstract
Kajian literatur ini bertujuan untuk mengkaji literatur terkait penggunaan simulasi PhET pada pembelajaran fisika seperti halnya (1) menganalisis model pembelajaran yang paling sesuai untuk dikombinasikan dengan simulasi PhET, (2) mengidentifikasi materi fisika yang paling cocok dan sering menggunakan simulasi PhET dalam pembelajaran, serta (3) mengkaji kemampuan dan keterampilan siswa yang dapat dikembangkan melalui penggunaan simulasi PhET pada pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis data dari artikel jurnal nasional terindeks seperti Google Scholar. Hasil dari kajian literatur ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran yang paling sesuai jika diintegrasikan dengan simulasi PhET dalam pembelajaran fisika adalah model Problem Based Learning (PBL), (2) materi yang paling banyak menggunakan simulasi PhET sebagai media ajar virtual adalah elastisitas dan Hukum Hooke, serta (3) penerapan simulasi PhET dalam pembelajaran fisika terbukti dapat meningkatkan keterampilan proses sains, kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah, meningkatkan motivasi belajar siswa, dan memperdalam pemahaman konsep terhadap materi. Kesimpulannya, simulasi PhET memiliki potensi besar untuk mendukung pembelajaran fisika yang lebih efektif dan interaktif.
References
Adams, W. K., Reid, S., LeMaster, R., McKagan, S. B., Perkins, K. K., Dubson, M., & Wieman, C. E. (2008). The effectiveness of simulations in teaching physics concepts: Newton’s Laws and Kinetic Energy. Physics Education Research Conference Proceedings.
Finkelstein, N. D., Adams, W. K., Keller, C. J., Kohl, P. B., Perkins, K. K., Podolefsky, N. S., & LeMaster, R. (2005). When learning about the real world is better done virtually: A study of substituting computer simulations for laboratory equipment. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 1(1).
Kurnia, A., Sahidu, H., & Gunada, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PheT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
Nailis, S., Batulieu, M. Y. P., & Arifah, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan PhET Simulations. Lontar Physics Today: Journal UPGRIS
Herliandry, L. D., & Lestari, A. (2020). Metode Studi Literatur dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia.
Nisrina Marliani, Aris Doyan, Muhammad Taufik. (2024). The Influence of Problem-Based Learning Model Assisted by PhET Media on Critical Thinking Skills and Physics Learning Outcomes of High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA
Arif Rahman Hakim. (2023). Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Discovery Learning dengan Phet Simulation pada Materi Fluida Dinamis. PTK: Jurnal Tindakan Kelas.
Ismadi Sihombing, Radina Yuni Mahesa Ginting. (2023). Pengaruh Guided Inquiry Model Berbantuan MediaPhET terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pokok Bahasan Hukum Newton. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK).
DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v3i2.21838
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lontar Physics Today

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Lontar Physics Today ISSN 2828-0970 (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email:Â [email protected]