PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING KELAS V TEMA 2 SUBTEMA 3 DI SDN GROWONG LOR 01 JUWANA
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya pengembangan media pembelajaran yang inovatif pada pembelajaran daring di masa pandemi. Hal tersebut juga disebabkan kurangnya inovasi pendidik dalam menggunakan media pembelajaran yang mengoptimalkan proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran daring kelas V tema 2 subtema 3 di SDN Growong Lor 01 ? 2) Bagaimanakah perangkat pembelajaran daring yang dapat dikembangkan pada tema 2 subtema 3 kelas V di SDN Growong Lor 01 ?. Tujuan yang hendak dicapaio dalam penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang layak dan praktis serta berorientasi pada Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Kelas V Tema 2 Subtema 3 di SDN Growong Lor 01 Juwana. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Dengan melaksanakan tahap analisis kebutuhan, desain storyboard dan media, pengembangan media dan melakukan validasi, melaksanakan uji coba lapangan, dan melakukan evaluasi pada semua tahap yang dilakukan. Data yang diperoleh berasal dari ahli materi, ahli media, guru kelas dan siswa kelas V. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Penentuan tingkat kelayakan berdasarkan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Isfandiari, m.a. (2020). Corona virus (covid-19) hasil kajian. Dosen fkm unair.
Kemdikbud. (2011). Modul Satuan Pembelajaran Seri Pengembangan Bahan Belajar Mandiri.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2013. Media pembelajaran Manual dan Digital Edisi kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
Padamu Pendidikan Indonesia. 2015. Sistem Pendidikan Jarak JauhMachali, Imam. 2014. “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045”. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. III, No. 1.
Prastowo, Andi. 2014. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK: Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Pribadi, Benny A. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Kencana
Purwanto, M Ngalim. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabe
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.10257
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 novian setiyo nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.