ANALISIS HAMBATAN MENULIS PUISI SISWA SESUAI DENGAN STRUKTUR PUISI KELAS IV SDN PETERONGAN SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil analisis mengenai hambatan siswa dalam menulis puisi terhadap lima struktur puisi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian kualiatif instrumen utama adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket.
Subjek dari penelitian ini adalah dokumen puisi hasil karya siswa kelas IV SD Negeri Peterongan Semarang. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya hambatan-hambatan siswa dalam menulis puisi. Hambatan tersebut diantaranya yaitu, mengalami hambatan dalam menentukan judul dan isi yang sesuai dengan tema, hambatan dalam menentukan pilihan kata atau diksi, hambatan dalam menentukan rima dalam hal menentukan rima baris maupun rima bait, penggambaran imajinasi dalam puisi yang masih kurang, serta hambatan dalam membuat tipografi puisi dalam menentukan susunan baris-baris atau bait-bait puisi. Hambatan yang tergolong paling kuat adalah imajinasi, tipografi dan rima, serta hambatan yang tergolong ringan adalah struktur tema dan diksi.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali
Dewantari, G. P. (2020). “Analisis Kesulitan Siswa Kelas V Dalam Menulis Puisi Sesuai Dengan Struktur Puisi Di Sdn Kaliabang Tengah Viii:(Penelitian Kualitatif Analisis Isi Pada Materi Menulis Puisi di Kelas V Semester II Sekolah Dasar Di Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi)” (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Skripsi.
Handayani, B. (2019). “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menulis Puisi Serta implikasinya Dalam Pengajaran Bahasa Di Kelas Iva Sd Negeri Banjarsari 5 Tahun Ajaran 2018/2019”. Vol 7. Kalimaya.
Legiana, B. (2020). “Analisis Unsur Instrinsik Puisi Karya Siswa Sekolah Dasar: Penelitian Kualitatif Terhadap Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Doctoral dissertation”, Universitas Pendidikan Indonesia). Skripsi.
Maulidah, T. (2020). “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Gambar. Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan”, 2(01), 64-70. http://ejournal.billfath.ac.id/index.php/karangan/article/view/46 .Artikel. Diakses 1 Mei 2021.
Samsiyah, Nur. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia: Di Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Magetan: CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Sugiyono. (2019). Metode Peneltian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Syarifuddin. (2016). “Mengajarkan membaca dan menulis puisi di sekolah dasar”. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/10791. Diakses 13 November 2021.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.10329
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Anissa Nur Fajriranti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.