MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN ANAK MELALUI PEMBELAJARAN MUSIK DRUMBAND PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Istiqomah Istiqomah, Dwi Prasetyawati Diyah Hariyanti, Purwadi Purwadi

Abstract


Kemampuan disiplin yang dimiliki anak usia 4-5 di RA Addaenuriyah masih menemui beberapa kendala, seperti bermain drumband susah, lama, dan capek. Dalam pembelajaran drumband dapat melatih kedisiplinan anak, hal ini dapat diketahui disaat anak mengikuti instruksi pelatih, menata drum pada tempatnya dan mengikuti irama ketukan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisa dan diolah sehingga mendapat kesimpulan dari permasalahan yang ada. Dari hasil yang didapat oleh peneliti bahwa kemampuan disiplin anak berkembang baik dengan menggunakan pembelajaran drumband. Anak mampu memahami instruksi guru dengan baik, memahami ketukan irama dengan baik, anak  mampu disiplin. Selain itu anak juga tidak merasa capek dan bahkan merasa senang ketika bermain drumband. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adanya kerjasama antara guru dan orangtua bahwa bermain drumband tidak membosankan bahkan dapat melatih kedisiplinan anak dengan pembelajaran yang menyenangkan.


Keywords


Anak Usia Dini, Disiplin, Drumband

Full Text:

PDF

References


Asriliyanti, A. Permanasari, Alis. T, dan Rosidah, Laily.2019.” PENGARUH BERMAIN ALAT MUSIK DRUM BAND TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL”.Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dalam: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/index

Casminah, Mimin.2019.”Peningkatan Kecerdasan Emosi melalui Bermain Musik Angklung”[email protected] Pelita PAUD https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i2.233

Haryanggita, A.K dan Murbiyantoro H.2015.” PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER DRUM BAND DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KEDUNGGALAR NGAWI”.Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.Jurnal Pendidikan Sendratasik, 2015

Hasiana, Isabella dan Wirastania Aniek.2017. “Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya”.Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

Khosibah, S.A. Dimyati.2021. Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnak Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5. (2):1860-1869. Dalam https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015

Khusnullia, Sinta. Dan Maslahah, Hidayatul.2019”PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA DI ERA MILENIAL”.Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Golden Age. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Dalam: https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Kisai, Andi Ali.2020”PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI EKSTRA KURIKULER MARCHING BAND DI RA AKMALA SABILA KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON”.Cirebon: Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Jendela Bunda. Dalam : https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/index

Krisdayanti, Yuni. 2020.”PENGEMBANGAN SENI MUSIK ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN DRUM BAND DAN ANGKLUNG DI TK NAKITA INSAN MULIA PURWOKERTO“.Purwokerto: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Dalam: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7881

Nugraha, Yogi dan Rahmatiani L.2017. “Pelaksanaan dan Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan Karakter Disiplin Siswa”. Karawang: Universitas Buana Perjuangan.

Dalam: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9765

Pangastuti, Ratna dan Munawaroh, Zia Anggraeni.2013”STUDI KASUS KEDISIPLINAN ANAK KELOMPOK A1 DI RA HASYIM ASY`ARI JAMBANGAN CANDI SIDOARJO”.Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam : jurnal.iailm.ac.id

Sari, A.Y dan Rofiyarti Fitri.2017.”PENERAPAN DISIPLIN SEBAGAI BENTUK PEMBINAAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP ANAK USIA DINI”. Seminar Nasional 2017 Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini. PEDAGOGI. Jurnal Anak Usia Dini Jurnal Pendidikan AnakUsia Dini. Dalam: http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3c.1077

Sudarsana.2017.”Membentuk karakter anak sebagai generasi penerus bangsa melalui pendidikan anak usia dini”. Denpasar: Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/Purwadita/article/viewFile/8/7

Wdhianawati, Nana. 2011.”PENGARUH PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL DAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI”.Sumedang: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dalam:https://www.academia.edu/download/34063262/22-nana_widhianawati-bl.pdf

Weebo. “PENELITIAN KUALITATIF UPAYA PENINGKATAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TUGAS PEKERJAAN RUMAH”.

Dalam: https://www.weebo.id/

Widjanarko, Paulus.”PENDIDIKAN SENI BERMAIN DAN BERNYANYI ANAK USIA DINI”. Surakarta: PGPAUD FKIP Universitas Slamet Riyadi. Jurnal AUDI, Volume 1, Nomor 1, hlm 25 – 31

Zahroh, L.2019.” PENGARUH KEGIATAN DRUMBAND TERHADAP ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 5 -6 TAHUN DI RA ISLAMIYAH KUNIRAN”.Purwosari. Jurnal Pendidika Islam 2019.

Doi: https://doi.org/10.36840/ulya.v4i2.234




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.10686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 istiqomah isty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.