PENGARUH PERMAINAN COLORFUL BALL RUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB N REMBANG

Julian Ardi Ansyah, Utvi Hinda Zhannisa, Tubagus Herlambang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Colorful balls run dalam meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Rembang. Penelitian ini menggunakan rancangan one grup pretest and posttest design. Sampel dalam penelitian berjumlah 10 anak dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes lari jarak pendek 50 meter.Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan rata-rata waktu yang diperoleh pada kemampuan lari jarak pendek sebelum diberikan perlakuan model permainan Color Fun Balls sebesar 15,09 detik per second. Sedangkan untuk rata-rata waktu yang diperoleh pada kemampuan lari jarak pendek sesudah diberikan perlakuan model permainan color fun balls sebesar 14,59 detik per second. Terkait hasil uji t test hasil tes kemampuan lari jarak pendek pada siswa SLB Negeri 1 Rembang menunjukan nilai t hitung sebesar 3.710 lebih dari t tabel sebesar 2.228 dan nilai signifikasni sebesar 0.000 < 0.05. artinya terdapat pengaruh secara signifikan model permainan Color Fun Balls dalam meningkatkan kemampuan lari jarak pendek pada siswa SLB Negeri 1 Rembang. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima (Ha Diterima), model permainan Color Fun Balls berpengaruh terhadap kemampuan lari jarak pendek pada siswa SLB Negeri 1 Rembang.

 

Kata Kunci: Colorful balls run, Hasil Belajar, Lari Jarak Pendek.


Keywords


Colorful balls run, Hasil Belajar, Lari Jarak Pendek

Full Text:

PDF

References


Alfian Dwi Kusnantara. (2017). Kecepatan Lari 50 Meter Anak Tunagrahita Kelas Vii Di Slb C Ypaalb Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016 / 2017. Skripsi. Universitas Negeri Yogjakarta.

Amelia, W. (2016). Karakteristik dan Jenis Kesulitan Belajar Anak Slow Learner. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(2), 53–58.

Anggil Jufinda. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Motorik Terhadap Hasil Belajar Lari Jarak Pendek (Studi Eksperimen Di SMP Negeri 34 Kerinci). Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia Vol. 1 No.3 Edisi 2

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aslan. (2019). Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Studia Insania Vol. 5 No.2 hal 105-119

Bayu Aji Prayitno. (2019). Meningkatkan Pembelajaran Lari Jarak 60 Meter Dengan Media Yang Dimodifikasi Siswa Kelas XI IPS 1 T.A 2018/2019 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. KINESTETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3 (1)

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Irdamurni. (2018). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. In Goresan Pena Anggota IKAPI. Goresan Pena

Mardiah Kalsum. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1, 2017; ISSN 1978-8169

Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Lampung: Fakta Press lAIN Raden lntan

Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani. Jakarta: Yudistira

Permendikbud No. 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum

Riadin, A., & Usop, D. S. (2017). Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Negeri ( Inklusi ) Di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1), 22–27

Rukhaini Fitri Rahmawati. 2019. Implementasi Kurikulum Anak Berkebutuhan Khusus Di Lentera Hati School Kudus. Jurnal Institut Agama Islam Negeri Kudus: Volume 7, Nomor 1, 2019: 85-113.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sunanto, J., & Hidayat, H. (2016). Desain Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Kelas Inklusif. Jassi Anakku, 17(1), 47–55

Taufan, Johandri, Dkk. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Dengan Hambatan Fisik Dan Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 19

Widodo. (2016). Pengembangan Pembelajaran Permainan Adaptif Berbasis Perkembangan Aktual Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 1, Nomor 1




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Julian Ardi Ansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.