PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 5 KELAS IV SD NEGERI SAWAH BESAR 01 SEMARANG
Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada tema 5 kelas IV SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini orang tua siswa kelas 4 SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang yang berjumlah 28 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, studi pustaka dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari standar signifikansi 0,05, koefisien regresi perhatian orang tua (X) sebesar 0,694. Hal ini mengindikasikan apabila semakin tinggi perhatian yang diberikan orang tua maka hasil belajar siswa akan meningkat.Perhatian orang tua memberikan pengaruh sebesar 80,6 % terhadap hasil belajar siswa. Hal ini mengindikasikan masih ada variable lain yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriyanti, Tri dkk. 2011. Pengaruh Perhatian Orang tua dan Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Surakarta. Jurnal. Vol. 2. No 1. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Hal 2.
Azwar, Saifuddin, M.A. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Hal 45, 47, 53.
Baharuddin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Hal 96
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Udayana. Hal 49, 75.
Pratamawati, Tyas. 2016. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap HasilBelajar Matematika Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016. Program studi pendidikan guru sekolah dasar. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas PGRI Yogyakarta.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Hal 61.
Rini, Indah Septiya. Sri Enggar Kencana Dewi dan Supangat. 2020. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SD Negeri Nusa TunggalKecamatan Belitang III. Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2 No. 2,Halaman: 96 – 107. p-ISSN 2622-0768 | e-ISSN 2622-0776
Rismawati, Kartika. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD di Daerah Binnan III Kecamatan KandangSerang Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Tidak dipublikasikan. Hal 13, 14, 22.
Saputri, Dessy Indah, Joko Siswanto dan Sukamto. 2019. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol 2 No 3. p-ISSN : 2614-3909 e-ISSN : 2614-3895
Sholihah, A. 2017. Hubungan pola asuh orangtua dengan kepribadian siswa SMA di kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 10
Sopiatin, Popi dan Sahrani, Sohari. 2011. Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam. Bogor : Ghalia Indonesia. Hal 35.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta. Hal 11, 23, 47, 48, 162.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta. Hal 60.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11540
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Kholifatul Maghfiroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.