IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI KALIKONDANG 4 KECAMATAN DEMAK
Abstract
Mind mapping merupakan salah satu metode dalam pembelajaran yang berfokus pada mencatat yang membantu kita mengingat materi serta dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi, membantu mengorganisasi materi dan memberikan wawasan baru. Mind mapping ini kembangkan oleh Tony Buzan. Dengan adanya metode ini siswa menjadi lebih aktif, meningkatnya kreatifitas dan dapat menerima pelajaran dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengetahui implementasi metode mind mapping pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri Kalikondang 4 Kecamatan Demak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Sumber data yang digunakan adalah guru dan siswa Kelas V. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: implementasi metode mind mapping pada pembelajaran kelas V SD Negeri Kalikondang 4 Kecamatan Demak telah diwujudkan dengan 3 tahap, yaitu tahap perencanaan dengan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus, media pendidikan serta materi yang akan disampaikan. Tahap yang kedua, yaitu tahap pelaksanaan merupakan kegiatan inti dalam membuat mind mapping ada yang individu maupun berkelompok. Jika berkelompok guru membagi siswa dalam beberapa kelompok kemudian siswa mencermati/ membaca materi, berdiskusi dan siswa mempresentasikan hasil diskusinya, dan dilanjut mengerjakan soal. Jika individu siswa mengerjakan mind mapping sendiri di papan tulis ataupun buku tulis dengan mandiri. Tahap yang ketiga, yaitu evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru masih mengutamakan penilaian hasil pada kognitif (pengetahuan) siswa melalui mengerjakan latihan soal di LKS atau PR sebagai tugas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buzzan, Toni. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum
Muzdalifa, M., Herpratiwi, H., & Sugiyanto, S. (2018). Pengaruh
Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Tema 2 Subtema 1. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(6).
Permendiknas No.41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Zulhaqqi, R. (2013). Mengasah Konsentrasi. Pada tanggal, 18.
Ratumanan, T. G. (2015). Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Samatowa, Usman. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks
Sugiyanto. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: UNS.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11631
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ayun Maula Mardikani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.