ANALISIS PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG

Ari Amirudin, Riris Setyo Sundari, Henry Januar Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa di SDN Gayamsari 02 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian yang dilakukan peneliti yaitu melakukan analisis pengaruh Game Online terhadap motivasi belajar anak di SDN Gayamsari 02 Semarang. Sumber data berupa data primer yang diperoleh melalui wawancara, mengisi angket dan dokumentasi dari narasumber yang terpercaya yaitu siswa kelas V SDN Gayamsari 02 Semarang, guru kelas V SDN Gayamsari 02 Semarang, guru ekstrakurikuler SDN Gayamsari 02 Semarang, kepala sekolah SDN Gayamsari 02 Semarang, serta orang tua siswa. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan analisis penelitian dan pembahasan yang dapat disimpulkan bahwa bermain game online secara berlebihan berdampak terhadap minat dan semangat belajar anak. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya siswa yang kurang dalam hal pemanfaatan waktu belajar dan juga keseriusan siswa dalam bersekolah. Akibat terlalu sering bermain game online, anak menjadi tidak terlalu mementingkan belajar. Karena ketika bermain game online, waktu dan tenaga yang dipergunakan akan banyak dihabiskan untuk bermain daripada belajar sehingga anak akan cenderung lebih malas untuk belajar. Hal ini akan berdampak kepada motivasi ataupun semangat anak dalam belajar ataupun.


Keywords


Game Online; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Humardani. 2021. “Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Godo 03 Kabupaten Pati Pada Masa Pandemi Covid-19”. Semarang: Universitas PGRI Semarang

Mardalis. 2017. “Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal”. Jakarta: Bumi Aksara

Moleong. 2013. “Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nisrinafatin. 2020. “Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal EdukasiNonformal: Salatiga

Putra. 2020 “Analisis Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Anak Di SDN Tawangrejo. Semarang: Universitas PGRI Semarang

Resty. 2021. “Analisis Motivasi Belajar Akibat Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas IV SD N Getasblawong Kendal”. Universitas PGRI Semarang: Semarang

Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Kuantitatif”. Bandung: Alfabeta

Tauqifa. 2021. “Peran Guru dan Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di SD Negeri Karangtowo Kabupaten Demak”. Semarang: Universitas PGRI Semarang




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ari Amirudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal indexed by  

Copyright of Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.