Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 04

Windi Nur Anisa, Fajar Cahyadi, Intan Rahmawati

Abstract


Penggunaan media yang inovatif dan menarik serta sesuai dengan pembelajaran yang diinginkan dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar dan pemahaman kosep pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 04. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi yang dijadikan objek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 04. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk variabel media pembelajaran kemudian menggunakan tes untuk variabel hasil belajar dan kemampuan pemahaman konsep. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengaruh penggunaan media pembelajaran ular tangga (x) terhadap hasil belajar dan pemahaman konsep (y) siswa kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 04 sangat signifikan. Dengan hasil penelitian kognitif mengalami peningkatan yaitu hasil pretest dan posttest mengalami perbedaan. Rata-rata pretest adalah 44,8, presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 10%. Rata-rata posttest adalah 76,2, presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 81%. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan hasil analis uji t yaitu thitung sebesar 20,82742 dan ttabel sebesar 2,08 dengan taraf 5%, sehingga nilai thitung > ttabel yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Keywords


Media Pembelajaran, Ular Tangga, Hasil Belajar, Pemahaman Konsep Matematika

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209-216.

Afrianita, E. (2017). Pengaruh media Permainan Ular Tangga Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Falah Sukarejo Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Atmoko, S. W., Cahyadi, Fajar., & Listyarini, Ika. (2017). Pengembangan media utama (ular tangga matematika) dalam pemecahan masalah matematika materi luas keliling bangun datar kelas III SD/MI. Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 119-128.

Naufalutfi, Hendika Dwi, Intan Rahmawati, and Ervina Eka Subekti. "Pengembangan Media Spotlight Book untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar." JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 3.1 (2017): 288-300.

Rahina, N. (2017) Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untunk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar, FBS Unnes, Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 36, No 1.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiana, I. W., Parera, N. P. G., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada kompetensi pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(4), 314-321.

Zulfa, N. W. (2016). Efektivitas Permainan Ular Tangga Matematika Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III MI Sultan Agung. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Windi Nur Anisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.