ANALISIS PENGGUNAAN BIG BOOK UNTUK PENCAPAIAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BIRRUL WALIDAIN

Maryam Maryam, Muniroh Munawar, Nila Kusumaningtyas

Abstract


Kemampuan berbicara pada anak usia dini yang  harus dicapai sebagai salah satu upaya untuk pencapaian kemampuan berbicara anak. Pencapaian kemampuan berbicara yang dimiliki anak usia 5-6 tahun masih terdapat beberapa kelemahan, diantaranya penggunaan kata sambung dan kalimat tanya, respon saat menanggapi pertanyaan dan pernyataan dari orang lain. Adanya penelitian ini, bertujuan menganalisa penggunaan bog book pencapaian kemampuan berbicara anak uisa 5-6 tahun dalam penggunaan big book di RA Birrul Walidain Semarang. Serta apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dialami. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pencapaian kemampuan berbicara anak dalam penggunaan big book di RA Birrul Walidain Semarang. Jenis penelitian kualitatif analisis deskriptif dengan cara pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegitan pembacaan big book anak-anak menunjukan aspek memahami bahasa dan mengungkapkan bahasa. Dimana aspek tersebut merupakan indikator dalam kemampuan berbicara. Sehingga ketika aspek pencapaian itu berkembang maka menunjukan pencapaian kemampuan berbicara yang dimiliki oleh anak.

Keywords


Anak Usia Dini, Kemampuan berbicara, Big Book

Full Text:

PDF

References


Alfatihaturrohmah, Mayangsari dan Karim. 2018. Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk X Kamal. Vol.5(2). Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Dalam https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/4885 diakses pada Oktober 2021

Ani, Mas Andi. 2018. Penggunaan Media Kartu Gambar Berwarna Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas Viii SMP 4 Mataram Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmu sosial dan Pendidikan. Vol.2(1). Dalam http://ejournal.mandalanursa.org diakses pada Mei 2021

Darmuki, Hardiyani. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Pbsi Tingkat I-B Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Kredo. Vol.2(2). Dalam https://jurnal.umk.ac.id diakses pada Mei 2021

Elya Hotma Monica. 2020. Pengtaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar Terhadap Kempuan Berbicara Anak Usia Dini. Vol.4(1). Jurnal Obsesi. Dalam. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/326/pdf diakses pada maret 2022

Fahruddin, Fitriana Halimatussa’diyah. 2017. Pengembangan Media Big Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B PAUD Tanwirul Qulub Thun Ajaran 2016/2017. Cakrawala Dini. Vol.8(2). Dalam https://ejournal.upi.edu diakses pada Mei 2021

Falah, Fajri. 2018. Pengembangan Media Big Book Berbahasa Jawa Babasan Banten Bagi Anak Usia 5-6 Tahun (Pengembangan Model Di Paud Taman Yunior, Kota Cilegon, Banten). Jurnal untirta. Vol.5(20. Dalam https://jurnal.untirta.ac.id diakses pada Mei 2021

Fitriani, Fajriah, Rahminta. 2020. Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.4(1). Dalam https://www.obsesi.or.id diakses pada Mei 2021

Hadiana, hadad, Marlina. 2018. Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.4(2). Dalam journal.stkipsubang.ac.id diakses pada Mei 2021

Hasanah, Aas. 2020. Upaya Meningkatkan Kemapuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Media Big Book. Jurnal Pendidikan Anak. Vo.6(1). Dalam jurnal.fkip.unila.ac.id diakses pada Oktober 2021.

Latifah, Atik. 2019. Pembuatan Dan Penggunaan Media Big Book Untuk Membentuk Anak Usia Dini Senang Membaca. Jurnal Pendidikan anak Bunayya. Vol.6(20. Dalam https://jurnal.ar-raniry.ac.id diakses pada Mei 2021

Lisharti, Fahruddin, dan Nurhasanah. 2020. Penerapan Metode Bermain Peran Mikro untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Mataram Tahun Ajaran 2019/2020. Vol.1(2). Dalam http://journal.publication-center.com diakses pada Oktober 2021

Musyarofah. 2017. Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak ABA IV MANGLI Jember Tahun 2016. INJECT. Vol.2(1). Dalam https://media.neliti.com diakses pada Oktober 2021

Nirwana. 2019. Penerapan Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kemampuan Berbicara. Jurnal Intruksional. Vol.(1)1. Dalam Https://Jurnal.Umj.Ac.Id Diakses Pada Mei 2021

Nuraini, Sofia, dan Anggraeni. Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. Vol.3(2). Dalam https://obsesi.or.id diakses pada Oktober 2021.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Putri, Christopora. 2017. Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Penggunaan Media Big Book. Jurnal Pendidikan PAUD. Vol.2(1). Dalam https://journal.uhamka.ac.id/index.php/permata/article/download/4451/1413 Diakses pada Oktober 2021

Rahmita dkk. 2020. Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. Vol.4(1). Dalam https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/197/pdf diakses pada Oktober 2021

Rohliana. 2019. Pemanfaatan Metode Bermain Peran Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Tk Negeri Pembina Selong. Jurnal Edukasi dan Sains. Vol.1(1). Dalam https://ejournal.stitpn.ac.id diakses pada Mei 2021

Rusniah. 2017. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A Di Tk Malahayati Neuhen Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi. Dalam https://jurnal.ar-raniry.ac.id diakses pada Mei 2021

Septiyani,Sundari. 2017. Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Jurnal Potensia. Vol.2(1). Dalam https://ejournal.unib.ac.id diakses pada Mei 2021

Septiyani. Sundari. 2017. Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. Vol.2(1). Jurnal Potensia. Dalam

Setiyaningsih dan Syamsudin. 2019.Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.9(1). Dalam https://ejournal.uksw.edu diakses pada Mei 2021

Sit, Masganti. 2017. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana Susanti, Elvi. 2020. Keterampilan Berbicara. Depok: Karisma Putra Utama Offset

Suarsih, cicih. 2018. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang. Vol.1(1). Dalam https://core.ac.uk diakses pada Mei 2021

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. ALFABETA

Sulistyawati,Riska dan Amelia, Zahrina. 2020. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Big Book . Audhi. Vol.2(2). Dalam https://jurnal.uai.ac.id diakses pada Mei 2021

Suradinata dan Maharani. 2020. Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Education Research. Vol.1(1). Dalam https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/4 diakses pada November 2021

Tufina dan Khairoesl,Desmarita. 2019. Penerapan StoryTelling. Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar. Vol.3(4). Jurnal Basicedu. Dalam https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/220 diakses pada maret 2022

Withasari, Yurinda. 2019. Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Mengklasifikasi Pada anak Usia Dini. Noura. Vol.3(2). Dalam https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/nou/article/view/1046 diakses pada Oktober 2021




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.12125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maryam, Muniroh Munawar, Nila Ksumaningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.