PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR

Febby Maula Ramadhani, Wawan Priyanto, Veryliana Purnamasari

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran di SDN Suradadi 05 dan SDN Bojongsana sebagai pendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran scrapbook komponen ekosistem kelas V SDN Suradadi 05 dan SDN Bojongsana. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan yang berorientasi pada produk (Research and Development). Pengembangan media scrapbook komponen ekosistem yang akan dilakukan ini peneliti membatasi langkah penelitian hanya sampai tahap 5 yaitu dari tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal dan merevisi hasil uji coba. Hasil penelitian diperoleh dari validasi media dan materi. Hasil dari ahli media menunjukkan persentase 98% dan hasil dari ahli materi menunjukkan persentase 98%. Hasil analisis dari respon guru dan peserta didik, yaitu respon guru kelas V dari kedua kelas didapat hasil rerata persentase 99% sedangkan hasil rerata persentase dari angket respon peserta didik kelas V adalah 99%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrapbook komponen ekosistem pada kelas V SDN Suradadi 05 dan SDN Bojongsana yang dikembangkan termasuk dalam kategori “baik sekali” untuk digunakan dalam subtema komponen ekosistem kelas V. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran scrapbook komponen ekosistem dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam belajar pada kelas V SDN Suradadi 05 dan SDN Bojongsana agar dapat meningkatkan keaktifan peserta didik.Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, Scrapbook

Keywords


Pengembangan media pembelajaran; Scrapbook

Full Text:

PDF

References


Adhiatma, N. (2017). MEDIA PEMBELAJARAN PADA KASUS PERTOLONGAN PERTAMA (STUDI KASUS SMP N 8 KOTA JAMBI). JURNAL AKADEMIKA, 10(1), 68-72.

Alfiah, A. N., Putra, N. M. D., & Subali, B. (2018). Media Scrapbook Sebagai Jurnal Refleksi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Regulasi Diri. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 3(1), 57-67.

Amalina, A. F. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Syntax Admiration, 1(5), 468-478.

Darmawan, L. A., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan media puzzle susun kotak pada tema ekosistem. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 14-17.

FADILAH, R., Hawa, S., & Pulungan, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 129 Palembang Menggunakan Model Pembelajaran Word Square pada Subtema Aku Dan Cita–Citaku (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Ismayani, R. M. (2019). Pelatihan Kurikulum 2013 di Tingkat Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 2(1), 11-16.

Kusumawanti, Y. I., Purnamasari, I., & Rahmawati, I. (2021). Keefektifan Media Scrapbook pada Tema 3 dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(1), 89-97.

Lestari, Y. A. PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUPKELAS VII SMP.

Ratnasari, Y., & Suyatno, D. P. (2020, March). MITIGASI BENCANA BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA. In SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR (Vol. 2).




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Febby Maula Ramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal indexed by  

Copyright of Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.