PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIAR (SIKLUS AIR) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA KELAS 5 SD ISLAM SYAHIDIN SEMARANG

Indah Milati Khasanah, Duwi Nuvitalia, Husni Wakhyudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangkan media pembelajaran SIAR (Siklus Air), Menganalisis keberterimaan media pembelajaran SIAR (Siklus Air) untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA di kelas 5 SD Islam Syahidin Semarang dan mengetahui produk media pembelajaran SIAR (Siklus Air) dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA di kelas 5 SD Islam Syahidin Semarang. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini dikembangkan dengan prosedur pengembangan ADDIE. Media SIAR merupakan hasil pengembangan media pembelajaran berbantu ispring suite 10 dan Wesite APK 2 Builder pada materi siklus air kelas 5 SD, keberterimaan Media SIAR oleh guru dan siswa dikatakan sebagai media dalam kategori “sangat layak” digunakan dilihat dari hasil uji coba oleh guru dengan rata-rata 96,6% dan respon siswa mencapai rata-rata 98,9%. Hal ini juga didukung dengan kevalidan yang dilakukan oleh ahli media mencapai rata-rata 94,5% dan oleh ahli materi rata-rata sebesar 91%, media SIAR dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa yang diukur dengan menggunakan soal pretest dan posttest. Hasil analisis dari pretest yang diberikan menunjukan bahwa nilai rata-rata 48 sedangkan meningkat pada hasil posttest menunjukan bahwa nilai rata-rata 92.


Keywords


Pengembangan Media Pembelajaran, Ispring suite, Siklus Air, Pemahaman Konsep IPA.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Y. Setiawan, B. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 2 (1): 88-92.

Efendi, Y., & Utami, N. (2019). Pengukuran efektifitas pembelajaran menggunakan media e-learning google classroom (SMK Sulthan Muazzamsyah Pekanbaru). In Prosiding Seminar Nasional Computation Technology and its Aplication (Vol. 1, No. 1, pp. 24-27).

INDONESIA, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Nuvitalia, D., Patonah, S., Saptaningrum, E., Khumaedi, K., & Rusilowati, A. (2016). Analisis Kebutuhan Alat Peraga dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(2), 60-65.

Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sumadi Suryabrata. (2014). Metodologi Penelitian Cetakan ke 25. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tirtarahardja, U. (2008). La sulo. Pengantar Pendidikan.

Zainudin, Z., & Wijayanti, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Pada Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Aplikasi Moodle. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indah Milati Khasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan indexed by  

     

 

Copyright of Wawasan Pendidikan 

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id