MANAJEMEN PROGRAM BILINGUAL BERBASIS PENDIDIKAN HOLISTIK DI SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 2 SEMARANG

Asyifa Nur Khauzanah, Muhammad Arief Budiman, Husni Wakhyudin

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pada dasarnya program bilingual diperlukan untuk membekali siswa memiliki daya saing secara global karena kecakapannya dalam berbahasa inggris. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi, evaluasi, dan mengetahui kesulitan dan hambatan dalam penerapan program bilingual berbasis pendidikan holistik di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Sedangkan teknik analis data nya meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program bilingual berupa penggunaan bahasa Inggris dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Evaluasi program bilingual berbasis pendidikan holistik antara lain exercise, practice, dan pengayaan. Kesulitan dan hambatan yang dihadapi adalah peserta didik kurang memahami proses pembelajaran sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi program bilingual berbasis pendidikan holistik dilakukan melalui implementasi tiga kurikulum dengan pendekatan berbeda, perekrutan guru yang memiliki kemampuan bahasa Inggris, dan penggunaan mix language dalam pelaksanaan pembelajaran. Evaluasi terhadap guru dilakukan melalui agenda rapat bulanan oleh pihak manajemen sekolah. Sedangkan evaluasi bagi peserta didik dilakukan melalui penilaian tugas harian, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. Kesulitan dan hambatan yang ditemukan yaitu kemampuan peserta didik yang berbeda, daya dukung setiap keluarga yang berbeda, dan adanya peserta didik yang belum memahami manfaat berbahasa.


Keywords


Program Bilingual, Pendidikan Holistik

Full Text:

PDF

References


Amanto, Richard. (2007). Kemampuan Berbahasa Inggris Anak dengan Pembelajaran Bilingual. Vol 2 No. 3.

Arikunto, Suharsimi. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Haryanto, N. R. (2010). Strategi Pembelajaran Holistik Di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Huberman, M. B. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Indrawan, Rully dan Yaniawati. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Kasari, Yulianie. (2013). Analisis Penerapan Bilingual Class Guna Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Pada Siswa.

Luh Putu Artini, d. (2014). Bilingualisme Dan Pendidikan Bilingual.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Megawangi, R. (2005). Pendidikan Holistik. Cimanggis: Indonesia Heritage Foundation.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edit Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfah, J. (2012). Pendidikan holistik: pendekatan lintas perspektif. Jakarta: Prenada Media.

Prasetyani, N. (2019). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Bilingual di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Malang. Tesis.

Putri, C. T., & Budiman, M. A. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PELAJARAN IPA SISWA KELAS V. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(4), 287-294.

Sabda, Saifuddin. Paradigma Pendidikan Holistik: Sebuah Solusi atas Permasalahan Paradigma Pendidikan Modern. Diakses 28 Januari 2017.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulastri. (2017). Manajemen Pembelajaran Berbasis Bilingual. Tesis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Syafauddin. (2013). Panduan Penulisan Sekeripsi. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sumatera Utara.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS.

Widyastono, Herry. (2012). Muatan Pendidikan Holistik dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 467-476.

Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen pendidikan inklusi dalam proses pembelajaran dan penanganan guru terhadap anak berkebutuhan khusus. International Journal of Elementary Education, 3(3), 267-274.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Asyifa Nur Khauzanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan indexed by  

     

 

Copyright of Wawasan Pendidikan 

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id