PENGUATAN KARAKTER SISWA MELALUI PROSES KREATIF PADA PEMBELAJARAN SBDP KELAS IV SDN 05 TEGALSARI

Isfadilah Sukma Miranti, Diana Endah Handayani

Abstract


Konteks penelitian yang melatar belakangi  adalah kesulitan siswa dalam menemukan ide untuk menciptakan suatu karya, kurangnya minat siswa terhadap Seni Budaya dan Prakarya, siswa merasa cepat bosan dikarenakan metode pembelajaran yang kurang inovatif dan hanya itu-itu saja dan bagaimana bentuk penguatan karakter yang diajarkan saat pembelajaran seni budaya. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV SDN 05 Tegalsari yang terdiri dari 22 siswa. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagai mana bentuk penguatan karakter siswa melalui proses kreatif pada pembelajaran SBdP kelas IV SDN 05 Tegalsari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimaan proses pembelajaran SbdP di kelas IV (2) Mengetahui bagaimana bentuk penguatan karakter siswa melalui pembelajaran SBdP. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakandalam penelitian yaitu metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan proses pembelajaran berlangsung dengan kondusif dan menyenagkan, pembelajaran dibagi menjadi 3 kegiatan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan pentup. Penguatan nilai karakter yang siswa dapatkan antara lain, mandiri, kreatif, disiplin, dan percaya diri. Saran yang dapat disampaikan  yaitu sosialisasikan tentang pendidikan karakter di lingkungan sekolah dan di masyarakat sekitar sekolah.


Keywords


penguatan karakter, proses kreatif, pembelajaran seni

Full Text:

PDF

References


Fatmawati, Titik Dwi. 2018. “Peningkatan Keterampilan Teknik Kolase Dengan Bahan Alam Pada Siswa Kelas IV SD”. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Vol.1, No.4, 2018.

Marselina, Novi Serly. 2016. “Analisis Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Kelas 3 SD Negeri Resapombo 01 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Dan Ilmu Keguruan. Program Study Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Malang.

Marystyana, Kurnia Iga. 2020. “Analisis Pembelajaran SBdP Seni Rupa Dalam Pengembangan Kreativitas Peserta Didik di SDN 1 Ngampelkulon Kabupaten Kendal”. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Moleong, J. Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prastowo, Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprayitno, Adi dan Wahid Wahyudi. 2020. Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta: Deepublisher.

Supriyanto, Yahya Jaka. 2021. “Optimalisasi Kreativitas Pembelajaran SBdP Menggunakan Bahan Alam Peserta Didik Kelas II SDN Candigaron 03 Tahun Ajaran 2020/2021”. Jurnal Of Education Research. Vol.3, No.2. 2021.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Isfadilah Sukma Miranti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan indexed by  

     

 

Copyright of Wawasan Pendidikan 

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id