ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN MUKTIHARJO KIRUL 03 KOTA SEMARANG
Rikko Andi Prajijaya, Sukamto Sukamto, Mei Fita Asri Untari
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berpengaruh pada karakter siswa Sekolah Dasar, karena sebagian besar siswa masih meniru apa yang mereka lihat tanpa memilah dahulu, apa yang seharusnya boleh ditiru dan apa yang tidak boleh ditiru. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pembentukan karakter siswa yang dilakukan guru dalam meningkatkan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV di SDN Muktiharjo Kidul 03 Kota Semarang serta untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan karakter siswa kelas IV di SDN Muktiharjo Kidul 03 Kota Semarang. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, peneliti melakukan kegiatan dengan menguraikan data maupun fakta dengan menemukan realita yang ada dan dilakukan secara terus menerus sejak awal sampai akhir penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa strategi pembentukan karakter siswa yang dilakukan guru dalam meningkatkan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS meliputi persiapan atau perencanaan guru dalam proses pembelajaran, proses belajar mengajar serta penilaian dan evaluasi. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan dalam pembelajaran IPS meliputi sikap religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
Keywords
Pendidikan Karakter, IPS, Sekolah Dasar
References
Lepa, F., Sulistyowati, P., & Ladamay, I. (2020). Analisis Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Kelas 4 Pada Mata Pembelajaran IPS di SDN Kebonsari 2 Malang Fransiska. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(10), 339–347.
Srimawirya, S., Musaddat, S., Jaelani, A. K., & Gunayasa, I. (2021). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Cerita Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 1(2), 1–10.
Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Susanto, A. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38.
DOI:
https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.12620
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rikko Andi Prajijaya
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.