PENGEMBANGAN APLIKASI MERICA (MEDIA MATERI PECAHAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ratih Rosiana, Siti Patonah, Ferina Agustini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan atau kelayakan pengembangan media pembelajaran berbentuk aplikasi berbasis android yaitu aplikasi MERICA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar dan untuk mengetahui apakah pengembangan media pembelajaran berbentuk aplikasi berbasis android yaitu aplikasi MERICA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian berupa penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari: analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Samirono. Sampel yang diambil adalah 14 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengembangan aplikasi MERICA dinyatakan valid dengan nilai rata-rata indeks Gregory sebesar 1,00 untuk validasi media dan 1,00 untuk validasi materi yang berarti sangat tinggi validitasnya. Angket respon guru 90% yang berarti “sangat baik”, sedangkan untuk angket respon siswa 99,28% yang berarti “sangat baik”. Rata-rata hasil nilai pretest 52,4, sedangkan rata-rata hasil nilai posttest 81,9, gain score 65% kategori sedang. Analisis uji-t yang telah dilakukan diperoleh thitung sebesar 8,993 yang kemudian dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,761, oleh karena itu thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi MERICA layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri Samirono.


Keywords


aplikasi MERICA, kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Adinda, A. (2016). Berfikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 4(01), 125-138.

Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27-40.

Facione, P. A., Gittens, C. A., & Facione, N. C. (2016). Cultivating a critical thinking mindset. Academia. Edu. Weekly Digest, 28.

Fithriyah dkk. (2016), “Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX-D SMPN 17 Malang”. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26.

Patonah, S., & Nuvitalia, D. (2014, September). Elemen Bernalar Asumsi pada Indikator Memprediksi Kemungkinan yang Akan Terjadi pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Metakognitif Siswa SMP. In entrepreneurship 2014.

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Stobaugh, R. (2013). Assessing critical thinking in middle and high schools: Meeting the Common Core. Routledge




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ratih Rosiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan indexed by  

     

 

Copyright of Wawasan Pendidikan 

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id