ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM FILM ANIMASI ADIT SOPO JARWO THE MOVIE BAGI PENGUATAN KARAKTER SISWA

Siti Nur Azizah, Zainal Arifin, Ervina Eka Subekti

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan karena penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui nilai-nilai karakter dalam film film animasi Adit Sopo Jarwo the movie yang bermanfaat bagi penguatan karakter anak sekolah dasar. Prosedur pengumpuan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun hasil pembahasan nilai karakter yang dapat dipetik dari film animasi Adit Sopo Jarwo The Movie yang dikategorikan dari beberapa teknik pengambilan data seperti wawancara dan angket. Nilai karakter dari teknik pengambilan data hasil wawancara yaitu religius, komunikatif atau bersahabat dan peduli sosial. Nilai karakter dari teknik pengambilan data hasil lembar angket yaitu peduli sosial, rasa ingin tahu dan religius. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari film animasi Adit Sopo Jarwo The Movie, yang dianalisis memuat enam nilai karakter yang muncul. Nilai karakter tersebut adalah religius, kerja keras, peduli sosial, rasa ingin tahu, komunikatif/bersahabat dan tanggungjawab. Nilai karakter religius bersahabat/komunikatif dan nilai karakter peduli sosial adalah nilai karakter yang paling banyak muncul pada film animasi Adit Sopo Jarwo The Movie.


Keywords


Nilai Karakter, Film Animasi Adit Sopo dan Jarwo, Penguatan Karakter Siswa

Full Text:

PDF

References


Adisusilo,J.R.,Sutarjo. 2012.Pembelajaran Nilai-nilai Karakter: Konstrukstivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran asmaul husna. Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 116-121.

Ashifana, Z. (2019). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Bilal: A New Breed Of Hero (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Lubis, F. N. (2022). Analisis Film “Adit Sopo Jarwo The Movie” Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Untuk Anak Usia Dini (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105.

Munir, 2013, Multimedia Konsep&AplikasidalamPendidikan. Bandung: Alfabeta

Mutholangah, S. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Serial Animasi Adit dan Sopo Jarwo (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Nuha, S. U., Ismaya, E. A., & Fardani, M. A. (2022). Nilai Peduli sosial pada film animasi Nussa dan Rara. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(1), 17-23.

Pasrah, R., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2020). Nilai-Nilai Karakter yang Terdapat dalam Film Animasi Upin dan Ipin Episode “Jembatan Ilmu”. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 152-164.

Putri, R., Murtono, M., & Ulya, H. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1253-1263.

Rahmayanti, R. D., Yarno, Y., & Hermoyo, R. P. (2022). Pendidikan karakter dalam film animasi Riko The Series produksi garis sepuluh. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 157-172.

Sadewa, W. W. (2019). Kajian Nilai Pendidikan Karakter pada Film Animasi Indonesia “Adit Sopo Jarwo”.

Safrudin, M. M. (2018). Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Film Animasi Adit Dan Sopo (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan).

Salim, N. A. (2017). Peran Tayangan Adit Sopo Jarwo (Asj) Terhadap Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar Di Kabupaten Kutai Kartanegara. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 72-82.

Sutiyani, F., Adi, T. T., & Meilanie, R. S. M. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau dari Aspek Pedagogik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2201-2210.

Widiyarto, S., & Sartono, L. N. (2020). Analisis nilai pendidikan karakter dan moral film koala kumal. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 9(2), 50-53.

Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Nur Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan indexed by  

     

 

Copyright of Wawasan Pendidikan 

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id