MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Korie Suzana

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Yang diteliti pada penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan media Audio Visual, peningkatan hasil belajar peserta didik, dan bagaimana keaktifan belajar peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan observasi untuk mengetahui proses Pebelajaran Audio Visual, dan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik ,sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa:(1) Proses pembelajaran dengan menggunakan model pebelajaran Audio Visual  adalah sebagai berikut: 1: Eksplorasi, Langkah 2: Elaborasi, dan Langkah 3: Konfermasi. (2) Dengan menggunakan Media Pebelajaran Audio Visual di Kelas 7.F SMPN  2 Gempol Tahun Pelajaran 2021/2022 mata pelajaran IPA hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Persentase peserta didik yang belum tuntas mengalami penurunan dari siklus 1 ke siklus 2 (dari 36.36% menjadi 15.63%. Persentase peserta didik yang sudah tuntas mengalami kenaikan dari siklus 1 ke siklus 2 (dari 63.64% menjadi 84.85%).

Keywords


Audio Visual, Hasil Belajar, Keaktifan

Full Text:

PDF

References


Azhari, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Fahrurrozi, M., Mohzana, M., & Murcahyanto, H. (2021). Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Guru Kelas. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 4(1), 197-205.Rasyidin, A. (2012). Falsafah Pendidikan Islam: Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Praktik Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwono, J. (2014). Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2, No.2, hal 127 – 144, Edisi April 2014.

Kusmaharti, D. (2020). Efektivitas online learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 311-318.

Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. (2013) Media Pembelajaran; Manual dan Digital, Bogor: Ghalia Indonesia.

Maulidah, R., & Satianingsih, R. (2021). Implementasi Media Flash Card: Studi Eksperimental untuk Keterampilan Berhitung Siswa. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 7-14.

Rusmono. (2018). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan Profesionalisme Gueu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saputra, N., Hikmah, N., Saputra, M., Wahab, A., & Junaedi, J. (2021). Implementation of Online Learning Using Online Media, During the Covid 19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 1802-1808.

Sriyanti. (2011). Pisikologi Belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Sudjana, N. (2014). Penilian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2016). Cooperative learing. Yogyakarta: Pustika Belajar.

Sutama. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz Media.

Wardani, I. S., & Juniarso, T. (2019). The effect of brain based learning model on student’s high order thinking skills. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 71-74.

Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1652-1657.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.12999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Korie Suzana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.