MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi hasil belajar dalam pembelajaran matematika materi Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Kraton semester II (dua) tahun pelajaran 2021/2022. Permasalahan yang menjadi pokok bahasan adalah apakah melalui model Discovery Learning dapat meningkatkan kompetensi dalam pembelajaran bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Kraton semester dua tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus, masing- masing siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi dengan alat pengumpulan data berupa soal tes tulis dan lembar observasi yang divalidasi data melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Kraton semester dua tahun pelajaran 2021/2022 meningkat dari rata-rata 68,84 dengan 9 siswa atau 26,47% pada pra siklus menjadi rata-rata 70 dengan 19 siswa atau 55,88% pada siklus I dan siklus II menjadi rata-rata 76 dengan 29 siswa atau 85,29% tuntas KKM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amrullah, M. F., & Juniarso, T. (2022). Efektivitas Discovery Learning Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn Tenggilis Mejoyo. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2).
Bambang Supriyanto, 2014. Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkaran Di Sdn Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, Vol. 3, No. 2, hal 165-174, Mei 2014.
Budiningsih, Asri. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Asdi Mahasatya.
Dahar, R. W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Dalyono. (1996). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Depsiknas.
Gagne , R.M., & Briggs, L.J., 1979, Principle of Instructional Design, New. Yorks.
Istiana, M. E., & Satianingsih, R. (2020). Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 423-430.
Kusmaharti, D. (2022). Self-regulated learning-based digital module development to improve students' critical thinking ability. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1).
Malik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Markaban, 2016.Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan. Terbimbing. Yogyakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 24 Tahun 2016. Tentang. Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran.
Resza, F. D., & Azmy, B. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V Dengan Gaya Belajar Visual Di SDN Keboananom. SNHRP, 231-240.
Saputra, N., Tobing, M. T., & Ili, L. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Aktivitas Belajar Siswa SD Di Masa Covid-19. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2b), 911-920.
Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Slavin, E. Robert. 1997. Educational Psychology Theory and Practice. USA: Paramount Publishing.
Yustitia, V., & Amin, S. M. (2020, August). Mathematical literacy in pre-service elementary school teacher: A case study. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1613, No. 1, p. 012054). IOP Publishing
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.13071
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rochmawati Rochmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.