PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN BAGI SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 2 KRADENAN PADA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

Erna Pantjawati

Abstract


Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi himpunan bagi siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Kradenan pada semester 1 tahun pelajaran 2019 / 2020. Berdasarkan hasil tindakan dan pengamatan pada siklus I dan siklus II diperoleh : (a) melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi belajar matematika materi himpunan bagi siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Kradenan pada semester 1 tahun pelajaran 2019 / 2020, dari kondisi awal motivasi belajar matematikanya rendah yaitu 42% ke kondisi akhir motivasi belajar matematikanya tinggi yaitu 83%, (b) melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi himpunan bagi siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Kradenan pada semester 1 tahun pelajaran 2019 / 2020, dari kondisi awal hasil belajar matematika rata-ratanya 58,39 ke kondisi akhir rata-ratanya menjadi 77,5, naik sebesar 33%.

Keywords


Motivasi Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT

Full Text:

PDF

References


As’ari, Abdul Rahman., dkk. 2016. Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Jakarta : Kemdikbud RI

As’ari, Abdul Rahman., dkk. 2016. Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Jakarta : Kemdikbud RI

Hadis, Abdul. 2008. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Mendikbud. 2013. Lampiran Permendikbud No 68 Th 2013 tentang Kurikulum SMP-MTs. Jakarta : Mendikbud

Subiyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro dan CV Widya Karya

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka

Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada (GP) Press Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.13175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Erna Pantjawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.