PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

Yoga Renanda Pratama, Heru Purnomo

Abstract


Kemampuan bersosialisasi yang kurang menjadi permasalahan yang perlu diselesaikan, dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan meningkatkan cara mendidik. Penelitian ini bertujuan untuk memiliki informasi tentang dampak lingkungan keluarga terhadap keterampilan sosial siswa kelas IV dan V di desa Jonggrangan RT 05 Babadan Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari 13 siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan keluarga terhadap keterampilan sosial siswa sekolah dasar memiliki dampak sebesar 18,3% yang relevan, sementara 81,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dapat berperan sebagai panduan dalam pengembangan keterampilan sosial siswa sekolah dasar. 

Keywords


Lingkungan keluarga, Pola Asuh Orang Tua, Keterampilan Sosial

Full Text:

PDF

References


Andrean, S., & Munastiwi, E. (2021). Kontribusi Keharmonisan Keluarga dalam Perkembangan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V di SDN Bangun Harjo. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(1), 31-40.

Kurnia Sari, D., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Yang Berperilaku Agresif (Studi Deskriptif Kuantitatif Di TK Tunas Harapan Sawah Lebar Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1-6.

Lestiawati, I. M. (2013). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemampuan sosial anak usia 6-7 tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 8(2), 111-119.

Machmud, H. (2019). Pengaruh pola asuh terhadap keterampilan sosial anak (Penelitian expost facto pada paud rintisan di Kendari). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 127-145.

Mursalim, M., Jusmin, J., & Wulandari, N. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Kelas IV DI SD INPRES 102 MALANU Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 1-9.

Sakung, N. T., Wahidah, N. I., & Fitriana, A. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 532-537.

Salsabila, N. G. (2022). HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Suryani, W. S., Noviana, E., & Alpusari, M. (2019). Pola Asuh Orangtua dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak (Studi Kasus Keluarga Sarifudin, Jl. Suka Karya Perumahan Karya Pesona Mandiri Blok S Rt 01 Rw 27 Panam Pekanbaru). Jurnal Tunjuk Ajar, 2(2), 162-176.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.16029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yoga Renanda Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan indexed by  

     

 

Copyright of Wawasan Pendidikan 

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id