PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BAB 2 MATA PELAJARAN IPAS MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHNNYA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nur Atikah, Wawan Priyanto, Singgih Adhi Prasetyo

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya pergantian kurikulum dari Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya pengembangan perangkat pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPAS bab 2 Wujud Zat dan Perubahannya kelas IV sekolah dasar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka bab 2 IPAS kelas IV sekolah dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Delopment (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan rata- rata hasil angket validasi dari validator ahli materi dan ahli media sebesar 93%, angket respon guru sebesar 86,6% dan angket respon siswa sebesar 98%. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Bab 2 Mata Pelajaran IPAS Materi Wujud Zat dan Perubahannya valid dan praktis digunakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Menoro.


Keywords


Pengembangan; Kurikulum Merdeka; Perangkat Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abrar, A. I. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Strategi Kognitif. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Fitri, Y., & Erita, Y. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IV SDN 11 Gadut. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 58–66.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Soleh, A. R., & Arifin, Z. (2021). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Konsep Community Of Inquiry. 13(2), 473–490. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.995




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.16094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Atikah, Wawan Priyanto, Singgih Adhi Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan indexed by  

     

 

Copyright of Wawasan Pendidikan 

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id