Analisis Konsep Perkalian 1 Sampai 10 Siswa Kelas II SD Negeri Pagendisan Semester Genap Tahun 2022/2023
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih banyak siswa kelas II yang belum bisa mengerjakan soal perkalian dengan baik, khususnya pada saat menghafal perkalian 1-10. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa kelas II dalam memahami konsep perkalian 1 sampai 10 dan mengetahui faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar dalam memahami perkalian 1 sampai 10. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Pagendisan. Hasil analisis penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa kesulitan yang dialami siswa dalam memahami perkalian 1 sampai 10 yang dominan yaitu kesulitan dalam menghitung perkalian dan juga kesulitan dalam menggunakan proses pengerjakan soal perkalian. Faktor yang menyebabkan kesulitan dalam memahami perkalian yaitu faktor internal yang meliputi sikap dalam pembelajaran, minat siswa terhadap pembelajaran, motivasi siswa dalam pembelajaran, dan siswa tidak lancar menulis dan membaca. Faktor eksternal yang meliputi aspek media dan alat penunjang pembelajaran, kurangnya bimbingan dari orang tua, dan kondisi ruang kelas. Hal ini menunjukan bahwa masih banyaknya siswa kesulitan dalam memahami konsep perkalian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasisnya. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A. d. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Asdi Mahasatya.
Ayu, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1611.
Hastuti, S. (2003). Sekitar Analisis Kesalahan Bahasa Indonesia. Yogyakarta:Mitra Gama Widya.
Hawa, S. (2014). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. staffnew.uny.ac.id.
Heruman. (2020). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Jamaris, M. (2015). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kurniawan, A. (2018). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remanja Rosdakarya, 236.
Mahmud. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 116-152.
Naga, D. S. (1980). Berhitung Sejarah dan Pengembangannya. Jakarta: Gramedia.
Nursofia Zain, B. R. (2022). Analisis Kesulitan Memahami Perkalian 1 Sampai dengan 10 Siswa Kelas 2 SDN 3 Loyok Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1429-1434.
Paridjo. (2008). Sebuah Solusi Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Diakses: 15 November 2015. Online.
Rifanti, V. N. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa Kelas III SDIT Samawa Cendekia. Renjana Pendidikan Dasar, 121-136.
Ruseffendi, E. (1982). Dasar-dasar Matematika Modern. Bandung: Tarsito.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 15.
Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru algensindo, 27.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: CV. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.16192
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Diah Nawang Wulan, Aries Tika Damayani, Mudzanatun Mudzanatun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.