ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI PANDEAN LAMPER 02

Finola Anastasia Putri, Fajar Cahyadi, Muhammad Arief Budiman

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi bedasarkan permasalahan yang ditemukan pada siswa pengguna aplikasi TikTok dan berpengaruh pada perilaku dan sikapnya yang lebih suka lagu-lagu yang tidak pantas di usianya, hasil belajar siswa turun dikarenakan kurangnya minat belajar, siswa menjadi tidak fokus saat belajar bahkan tugas proyek yang berikan tidak dikerjakan. Tujuan ini adalah untuk mengetahui dampak media sosial TikTok terhadap minat belajar matematika siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Pandean Lamper 02 berjumlah 23 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara guru, angket siswa, angket orang tua, observasi serta tes. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa terdapat dampak negatif dan dampak positif. Adapun dampak negatif yaitu (1) Rendahnya Minat Belajar Matematika (2) Perubahan sikap dan perilaku diantaranya yaitu a)Siswa menjadi malas belajar.b) Siswa menirukan ucapan buruk c) Memanfaatkan waktu luang untuk bermain tiktok dibanding belajar d). Siswa menjadi pemarah e) Orang tua harus mengulangi pertanyaan ataupun perintah. (3) Kecanduan menggunakan media sosial. (4) Perilaku konsumtif siswa.(5) Rendahnya hasil tes matematika. Dan dampak positif yaitu (1) Kreativitas siswa meningkat (2) Munculnya bakat baru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media sosial TikTok lebih banyak berdampak memberikan dampak negatif daripada dampak positif. 


Keywords


Media sosial TikTok, Minat Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyari, Akhmad, dan Mirannisa Mirannisa. 2022. “Pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Minat Belajar di MA Miftahul Ishlah Tembelok.” Islamika 4(3):421–32. doi: 10.36088/islamika.v4i3.1977.

Djaali, Haji. 2014. Psiklogi Pendidikan. Ed. 1. Cet. Jakarta.

Djamarah, dan Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineke Cipta.

Hardono, Adianto, Arnoud Reinhardt Oscar Sarayar, Richie Agus Donianxon, Kurniawan, Hans Audianto, dan Putri Nastiti. 2019. “Pengaruh Pengunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mahasiswa UAJY.” Proceeding SINTAK 2019 (1):458–64.

Hariadi. 2016. “Psikopatologi Akibat Kecanduan Media Sosial Dan Bimbingan Konseling Islami Sebagai Alternatif Solusi.” Batusangkar International Conference (October):341–56.

Ma’rifatul Laili, Fitri, dan Wiryo Nuryono. 2015. “PENERAPAN KONSELING KELUARGA UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 SURABAYA.”

Malimbe, Armylia, Fonny Waani, dan Evie A. A. Suwu. 2021. “Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado.” Jurnal Ilmiah Society 1(1):2.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media sosial : perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Cetakan ke. diedit oleh N. S. Nurbaya. Bandung: Bandung : Simbiosa Rekatama Media 2017 Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Pratiwi, Meilia Fina, Budiman, Muhammad Arief dan Cahyadi, Fajar . 2020. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Masalah.” Js (Jurnal Sekolah) 4(3):267–73.

Putri, Dini Palupi. 2018. “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 2(1):37. doi: 10.29240/jpd.v2i1.439.

Sari, Ayu Permata, Asmidir Ilyas, dan Ifdil Ifdil. 2017. “Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 3(2):110–17. doi: 10.29210/02018190.

Sisca, Cahyadi, Fajar dan Wakhyudin, Husni. 2020. “Analisis Kesulitan Siswa Kelas II Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 5(2):183–90.

Slameto. 2015. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi revi. Jarakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, Hanum Hanifa. 2021. “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital Dini.” Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta 1(01):85–92. doi: 10.36728/semnasutp.v1i01.13.

Triastuti, Endah, Dimas Adrianto, Dan Akmal Nurul. 2017. Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak Dan Remaja.

Walgito. 2010. Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.16260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Finola Anastasia Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan indexed by  

     

 

Copyright of Wawasan Pendidikan 

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id