ANALISIS PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PENGGALANG DI SDN KEMBANGARUM 02 KABUPATEN DEMAK

Rafika Yuli Arumsari, Aries Tika Damayani, Muhammad Arief Budiman

Abstract


Konteks penelitian ini adalah rendahnya karakter disiplin yang ditemui dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka, seperti masih banyak siswa memakai atribut pramuka tidak lengkap, siswa masih membuang sampah sembarangan, tidak memperhatikan pembina pada saat menyampaikan materi, dan masih banyak siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka wajib tanpa keterangan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian di SDN Kembangarum 02 Kabupaten Demak adalah untuk menganalis dan mendeskripsikan peran, serta faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa. Jenis peneitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Setting penelitian berada di SDN Kembangarum 02 Kabupaten Demak. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, 1 pembina pramuka dan 16 anggota pramuka penggalang dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pelaksanaan pendidikan karakter disiplin belajar siswa sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan tiga indikator disiplin belajar, dari masing-masing indikator mendapatkan presentase diatas 50%. Strategi pembina dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa yaitu keteladanan, pembiasaan, perhatian atau nasehat, hukuman dan penghargaan. Kegiatan khusus yang menanamkan kedisiplinan adalah PBB, jelajah, latihan rutin, jambore, persami, dan upacara mampu meningkatkan kedisiplinan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler pramuka mampu memberikan dampak positif dan meningkatkan nilai karakter disiplin pada siswa.


Keywords


Pendidikan Karakter, Disiplin, Ekstrakurikuler Pramuka

Full Text:

PDF

References


Damariswara, R., Wiguna, F. A., Hunaifi, A. A., Zaman, W. I., & Nurwenda, D. D. 2021. Penyuluhan Pendidikan Karakter Adaptasi Thomas Lickona di SDN Gayam 3. Jurnal Pengabdian Masyarakat pendidikan Dasar, 1(1).

Niswah, K., Widyaningrum, A., & Damayani, A. T. 2020. Pembelajaran Karakter Disiplin Melalui Pendidikan Seni Di Sd Negeri Sumberejo 01. In Seminar Pendidikan Nasional (Sendika) (Vol. 2, No. 1)

Omeri, N. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.

Nopan Omeri, 9 (manager Pendidikan), 464-468.

Saidah, A., Budiman, M. A., & Wijayanti, A. 2021. Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Bilingual Muhammadiyah 1 Purwodadi. Wawasan Pendidikan, 1(2), 140-149

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung:

CV. Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.16361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rafika Yuli Arumsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.