EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN TANJUNGANYAR 2

Alya Putri Hardiyanti, Duwi Nuvitalia, Kiswoyo Kiswoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa pada muatan IPA materi Perubahan Wujud Benda kelas V SDN Tanjunganyar 2.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-experimental design dengan jenis one group pretest-posttest (satu kelompok pretest-postest). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Tanjunganyar 2. Sampel yang diambil adalah 34 siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel yang akan digunakan yaitu non probability sampling tipe purposive sampling. Berdasarkan hasil data yang diperoleh rata-rata hasil pretest kelas sebesar 46,76. Dari hasil uji t berpasangan didapatkan thitung sebesar 10,14 dan ttabel dari df yaitu 33 sebesar 1,74, dengan syarat jika thitung ≥ ttabel 10,14 ≥ 1,74. Berdasarkan data hasil sikap ilmiah dan hasil belajar siswa yang diperoleh, uji N-Gain sikap ilmiah menunjukkan bahwa, nilai rata-rata N-Gain sebesar 77.6% dengan kategori g-Tinggi. Sedangkan pengaruh peningkatan hasil belajar materi perubahan wujud benda pada kelas eksperimen mencapai kriteria nilai rata-rata N-Gain sebesar 78.98%. Perolehan N-Gain dalam persentase g > 0,7 kategori g-Tinggi. Maka keduanya bertafsiran efektif, jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing ini efektif terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar


Keywords


Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Awansyah, P. (2022). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 121–230.

Ayu, D. L. 2018. Efektifitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatakan Sikap Ilmiah Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Pada Kelas V MIN 1 Serang Tahun Ajaran 2018/2019.

Clark, S., Harbaugh, A. G., & Seider, S. (2019). Fostering Adolescent Curiosity through a Question Brainstorming Intervention. Journal of Adolescence, 75(4), 98–112.

Kurniawati, Lilik. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media kartu bergambar terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA terpadu materi sistem peredaran darah siswa di SMP N 3 Kendal.

Mussel, P. (2013). Introducing the construct curiosity for predicting job performance. Journal of Organizational Behavior, 34(4), 453–472.

Nuvitalia, Duwi., Patonah, Siti., Ernawati., Khumaedi., & Rusilawati, Ani. 2016. “Dimensi Rasa Ingin Tahu Siswa melalui Pendekatan Saintifik Berbantu Alat Peraga Penjernihan Air”. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2): 10-17.

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Sunarno, W. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis High Order Thinking Skill (Hots) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Smp/Mts. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 285.

Sakaki., Yagi, A., & M. (2018). Curiosity in old age: A possible key to achieving adaptive aging. Neuroscience and Biobehavioral Reviews, 88(2), 106–116.

Sugiyono, 2013 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, (Bandung: Alfabeta), h. 257.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfa Beta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121-138.

Widyaningtyas, Harini dkk. (2018). Developing Students Responbility Throught Numbered Head Togheter Model In Social Sciene Learning At Elementry School. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 2(2), 11.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 alya putri hardiyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal indexed by  

Copyright of Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.