EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERTATIVE TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS IV MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI DI SD N 3 NGAMBAKREJO

Erina Aszari, Duwi Nuvitalia, Filia Prima Artharina

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil  belajar IPAS dan keterampilan kolaborasi siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran cooperative tipe teams games tournament (TGT) kelas IV materi “Wujud Zat dan Perubahannya” terhadap hasil belajar IPAS dan keterampilan kolaborasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental research) dengan Nonequivalent Control Group Design. Hasil uji t nilai post test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan thitung = dan 2,238 > ttabel = 2,028094 dengan siginifikansi 0,029 dan 0,033 < 0,05. Jadi, 𝐻0 ditolak sedangkan 𝐻𝑎 diterima Hal ini juga dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 72,5 sedangkan rata-rata hasil belajar kelompok kontrol adalah 59,44. Berdasarkan data angket respon siswa pembelajaran TGT memperoleh persentase sebesar 90,38 respon yang menyatakan positif. Penggunaan model pembelajaran team games tournament pada mata pelajaran IPAS kelas 4 SD N 3 Ngambakrejo dapat meningkatkan kolaborasi antar siswa. Hal ini dapat dilihat dari kolaborasi antar siswa dari rata-rata persentase pada kelas kontrol sebesar 72,05%, sedangkan rata-rata persentase pada kelompok eksperimen sebesar 84%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Kolaborasi, Team Games Tournament


Keywords


Hasil Belajar, Keterampilan Kolaborasi, Team Games Tournament

Full Text:

PDF

References


Anita, lie. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Bahri, S., & Mustajab, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 126-134.

Handayani, Fitri. 2010. Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Smp Negeri Purwodadi Kabupaten Pasuruan Pada Materi keragaman Bentuk Muka Bumi. Jurnal Penelitian Kependidikan.TH. 20, NO. 2,2010. SMA Negeri 1 Serui Papua.

Irviana, I (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Joernal of EST. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.(Volume. 2, Nomor. 1, Hal 56-70)

Izza, A.Z., Falah, M. & Susilawati, S. 2020. Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan 2020. 1(1):10–15.

Nopiani, S., Nuvitalia, D., & Setianingsih, E. S. (2022). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA 5 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 5 DI SDN 4 KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 12(1), 22.

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830-838.

Rani, D. E. (2022). Penerapan

Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 6(4), 6068–6077.

Riduwan, 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Rusmiati, R., & Nugroho, A. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran TGT dengan media Pop Up terhadap hasil belajar kelas IV tema 6 cita-citaku subtema 3. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 241-248.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Muhammad Throbroni & Arif Mustofa. (2013). Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan keterampilan abad 21 4C (communication, collaboration, critical thinking and problem solving, creativity and innovation) di sekolah dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185-197.

Yahya, M. (2020). Ilmu Pendidikan.

Yudianto, W.D. dkk., (2014). Model Pembelajaran Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK.Journal of Mechanical Engineering Education.Universitas Pendidikan Indonesia.Volume 1, No.2.

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120-133.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erina Aszari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.