ANALISIS LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENGHADAPI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DI SEKOLAH DASAR

Cherio Septri Ardiyanto, Kiswoyo Kiswoyo, Ryky Mandar Sary

Abstract


Penelitian ini berfokus pada literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis literasi numerasi siswa dalam menghadapi asesmen kompetensi minimum di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari siswa dan guru SD Islam Pesanggrahan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah: Tes tertulis dan Wawancara. adapun pada penelitian ini pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi metode. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) siswa mampu menguasai dasar penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian 85%, tetapi ada 15% siswa yang kurang teliti dan tidak menuliskan jawaban secara lengkap serta terdapat siswa yang tidak paham dan tidak menuliskan jawaban sama sekali. (2) Menggunakan konsep numerasi secara percaya diri dan efektif 95%, tetapi ada 5% siswa yang kurang percaya diri karena tidak belajar dan mengulang kembali soal-soal. (3) Memahami keterampilan yang dimiliki untuk memecahkan masalah sudah baik dengan cara memahami dengan baik setiap soal dan membaca soal dengan teliti 90%, tetapi ada 10% siswa yang kurang dalam memecahkan masalah karena tidak belajar dan mengulang kembali pelajaran yang diberikan di sekolah.


Keywords


Literasi Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum

Full Text:

PDF

References


Aini. 2018. Meningkatkan literasi matematika siswa melalui pendekatan keterampilan proses matematis: Studi kuasi eksperimen pada siswa madrasah tsanawiyah. Tesis pada SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Cahyanovianty dan Wahidin. 2021. Analisis Kemampan Numerasi Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (2), 1439-1448.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/ELSE.V3I1.2541

Johar, 2017. Domain soal pisa untuk literasi matematika. Jurnal Peluang, 1(1), ISSN: 2302-5158.

Kemdikbud. 2019. AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kohar. 2019. engembangan Soal Matematika Model PISA: Sebuah Alternatif Langkah Awal Memperbaiki Prestasi Literasi Matematika Siswa Indonesia. Diunduh dari http://edukasi.kompasiana.com.

Novitasari. 2017. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & matematika. 2(2): halaman 8-18.

Rohim, dkk. 2021. Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Unnes Physics Education Journal : 2.

Sa’dia. 2021. Pembelajaran Ipa Berbasis Kearifan Lokal Di Lipi Karangsambung Sebagai Upaya Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Dan Semangat Belajar Siswa Sd. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, file:///C:/Users/user/Downloads/9106-27882-1-PB.pdf, 333–339. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11185/7971

Suswandari. 2018. Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Tyas & Pangesti. 2018. Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5, 566–575

Widjaja. 2017. design Realistic Mathematics Education Lesson. Makalah Seminar Nasional Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya, Palembang 1 Mei 2010. (Online), tersedia: https://p4mristkipgarut.files. wordpress.com,




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 cherio septri ardiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal indexed by  

Copyright of Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.