Pengembangan Media Monopoli Matematika berbasis Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas V Semester 2 Sekolah Dasar
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep Matematika pada materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan kelas V dan belum tersedia media pembelajaran yang tepat untuk mendukung pembelajaran di kelas. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan media di sekolah, mengembangkan media pembelajaran, dan menguji keefektifan dari media yang telah dikembangkan. Jenis peneitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan desain pretes-pascates satu kelompok ( one group pretest-postest design ). Sampel yang digunakan adalah 17 siswa dari kelas V tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Monopoli Matematika berbasis Student Teams Divisi Prestasi mendapatkan proporsi kevalidan materi sebesar 88,6% dan media sebesar 89,3%. Sedangkan hasil yang diperoleh dari uji coba terbatas memperoleh nilai sebesar 87,3% untuk penilaian media dan nilai sebesar 93,3% untuk penilaian materi. Pada tahap uji keefektifan media terdapat peningkatan terhadap kemampuan pemahaman konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan yang memperoleh skor n-gain sebesar 0,8 dengan kriteria tinggi dan persen n-gain sebesar 78,4% dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diartikan bahwa Media Monopoli Matematika berbasis Student Teams Achievement Divisionsefektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan kelas V semester 2 sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifah, N. (2019). Pengembangan Media Permainan Monopoli Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV SDN Mojo. Skripsi.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1989). Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York and London: Longman.
Dewi, N. R., & dkk. (2021). Book Chapter Pengembangan Buku Ajar Berorientasi pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. Klaten: Lakeisha.
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timut NTB: Universitas Hamzanwadi Press.
Hamid, H. (2020). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dalam Pembelajaran. Artikel Ilmiah.
Hurlock, E. (1994). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
K. Wenny. (2018). Problematika Pembelajaran Matematika di Mts Swasta Al-Ittihadiyah Percut Sei Tuan. Universditas Islam Negeri Sumatra Utara Medan.
Ruqoyyah, S., & dkk. (t.thn.). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Resiliensi Matematika dengan VBA Microsoft Excel. Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Abadi.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan. Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
UU RI tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). (2019). Yogyakarta: Laksana.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16644
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Putri Dian Permatasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.