PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIPA BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN ADOBE FLASH PADA SISWA KELAS 1 SD SUPRIYADI SEMARANG

Berliyan Febriana, Intan Rahmawati, Ferina Agustini

Abstract


Pendidikan di Indonesia memiliki visi untuk menciptakan manusia yang cerdas, berkarakter, dan berakhlak mulia. Salah satu upaya untuk mencapai visi tersebut ialah dengan memperkenalkan sila Pancasila. Untuk mempermudah siswa dalam memahami sila Pancasila digunakan sebuah media pembelajaran sebagai alat bantu untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah pembuatan dan penggunaan media pembelajaran SIPA berbasis multimedia dengan adobe flash yang layak pakai untuk siswa kelas 1 SD Supriyadi Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Dengan melaksanakan tahapan analisis kebutuhan, desain media, pengembangan media dan melakukan validasi, melaksanakan uji coba lapangan, dan melakukan evaluasi pada semua tahap yang dilakukan. Data yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, guru kelas, dan siswa kelas 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil dari uji kelayakan media SIPA berbasis multimedia dengan adobe flash ini adalah sangat layak digunakan. Kata Kunci: Pengembangan media, Adobe flash, Media SIPA


Keywords


Pengembangan media; Adobe flash; Media SIPA

Full Text:

PDF

References


Arifa, N., Isnanto, R. R., & Nurhayati, O. D. (2014). Perancangan Permainan" Membuat

Bioetanol dari Limbah Buah" Menggunakan Adobe Flash CS3. Jurnal Teknologi dan

Sistem Komputer, 2(1), 87-95.

Fauzi, A., Reffiane, F., & Agustini, F. (2018, July). PENGEMBANGAN MEDIA CD

INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH BERBANTU METODE NHT

TEMA II SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR.

In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018.

Kresma, E. N. (2014). Perbandingan pembelajaran konvensional dan pembelajaran berbasis

masalah terhadap titik jenuh siswa maupun hasil belajar siswa dalam pembelajaran

matematika. Educatio Vitae, 1(1).

Maryanti, S., & trie Kurniawan, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi

Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal BIOEDUIN:

Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26-33

Putra, T. A. (2018). Pengembangan media pembelajaran animasi berbasis macromedia flash

pada materi trigonometri (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Rezeki, S. (2018). Pemanfaatan adobe flash cs6 berbasis problem based learning pada materi

fungsi komposisi dan fungsi invers. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 856-864.

Rika, A. S. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbasis Teknologi

Macromedia Adobe Flash 8 (Doctoral dissertation), UIN Raden Intan Lampung.

Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan Pengertian Pengembagandan Pemanfaatannya.

Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Ketut, P. (2014). Model Penelitian Pengembangan Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Umar, U. (2017). Media pendidikan: Peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Tarbawiyah:

Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131-144.

Wulandari, S., Ainy, C., & Suprapti, E. (2017). Pengembangan media pembelajaran

matematika berbasis game interaktif menggunakan aplikasi Adobe Flash CS3 pada

materi pokok trigonometri kelas X SMKN 10 Surabaya. MUST: Journal of

Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 165-177




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Berliyan Febriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal indexed by  

Copyright of Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.