PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS STEAM MATERI PERPINDAHAN KALOR KONVEKSI DI SEKITAR KITA PADA MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Annisa Rahmasari, Diana Endah Handayani, Riris Setyo Sundari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media E-Comic berbasis STEAM materi perpindahan kalor konveksi di sekitar kita pada muatan IPA kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model Borg and Gall namun dimodifikasi peneliti menjadi 5 langkah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen validasi materi, media, bahasa dan angket respon guru dan siswa serta tes untuk mengetahui peningkatan nilai kognitif siswa. Hasil  dari penelitian ini  menunjukkan bahwa media E-Comic berbasis STEAM ini “valid” sesuai dengan hasil validasi ahli materi sebesar 93%, ahli media sebesar 97 %, dan ahli bahasa 100%. Sementara, angket respon guru kelas yang menunjukkan skor total sebesar 100% dengan kriteria sangat praktis dan hasil angket respon siswa yang mendapatkan presentase skor  total sebesar  97,83% dengan kriteria sangat praktis, dan keefektifan media ini didapat dari hasil tes siswa yang menunjukkan adanya peningkatan nilai pengetahuan siswa. Hasil pre test didapatkan rata-rata 27.22 dan hasil post test dengan rata-rata 95.99. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: pengembangan media, media pembelajaran, E-Comic berbasis STEAM


Keywords


pengembangan media, media pembelajaran, E-Comic berbasis STEAM

Full Text:

PDF

References


Adifta, E. D., Murni, A., & Roza, Y. (2022). Desain Perangkat Pembelajaran Daring Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEAM pada Materi Barisan dan Deret. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 98–105. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Arifah, H., & Suryanti. (2020). Pengembangan Media Komik Interaktif Dalam Pembelajaran Ipa Materi Perpindahan Kalor Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 949–961.

Ayu, S., Pinatih, C., Kt, D. B., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. 5(1), 115–121.

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343

Hendra Saputra, V., & Pasha, D. (2021). Komik Berbasis Scientific Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 85–96. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4514

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 88–100. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(19), 939–946.

Kusumastuti, R. P., Rusilowati, A., & Nugroho, S. E. (2019). Pengaruh Keterampilan Berpikir Krtis Terhadap Literasi Sains Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 254–261.

Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911

Mu’minah, I. H., & Suryaningsih, Y.-. (2020). Implementasi Steam (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 21. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 65–73. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105

Muakhirin, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 01, 51–55. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/viewFile/2933/2453

Nurwulan, N. R. (2020). Pengenalan Metode Pembelajaran STEAM Kepada Para Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 Sampai 3. Jurnal Madaniya, 1(3), 140–146.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Twiningsih, A. (2020). Pengembangan Media Tak Tik Butarna Berbasis STEAM pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD Abstrak A . Pendahuluan Guru sebagai motor penggerak utama dalam pendidikan sangat menentukan out put peserta didik . Strategi guru dalam menghadapi berbagai tantangan. 4(3), 741–758. https://doi.org/10.26811/didaktika.v4i3.143

Wahid, S. F., Mutaqin, Alim., Yasin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Siswa Sekolah Dasar. http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI Vol.16 No.5 Desember 2021 Op. 16(5), 6873–6882.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Annisa - Rahmasari, Diana Endah Handayani, Riris Setyo Sundari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.