PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK MATERI MENGENAL BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS IV SDN 02 PAMOTAN

Rachmad Rizkiawan, Veryliana Purnamasari, Singgih Adhi Prasetyo

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika di kelas, yang mengakibatkan kejenuhan dan pemahaman yang rendah pada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana validitas media Pop-Up Book materi bangun ruang untuk siswa kelas IV sekolah dasar? (2) Bagaimana pengembangan media Pop-Up Book materi bangun ruang untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui validitas media Pop-Up Book materi bangun ruang untuk siswa kelas IV sekolah dasar, (2) Untuk mengetahui pengembangan media Pop-Up Book materi bangun ruang untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan populasi siswa kelas IV SD Negeri 02 Pamotan. Sampel terdiri dari 28 siswa yang menjadi anggota populasi. Data dikumpulkan melalui angket, dokumentasi, dan observasi. Validasi oleh ahli media dan materi menunjukkan kategori "sangat layak" dengan skor 97% dan 90,6% secara berurutan. Uji lapangan menunjukkan skor 90,4% dari siswa dan 98,2% dari guru kelas IV SD N 02 Pamotan. Hasil penelitian ini merekomendasikan penggunaan media Pop-Up Book Bangun Ruang sebagai alat pembelajaran yang beragam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru dan siswa.


Keywords


Pengembangan, Media Pop-Up Book, Bangun Ruang

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dzuanda, Y. (2011). Kreatif Membuat Buku Pop-up. Jakarta: Penebar Swadaya.

Fatimah, N. (2013, April 12). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Metode Permainan Domino Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 01 – 02 Balong Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. UMSLibrary. Retrieved from UMS Library: https://eprints.ums.ac.id/23581/

Neolaka, A., & Grace, A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengembangan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.16845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rachmad Rizkiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal indexed by  

Copyright of Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.