Penerapan Model Project Based Learning Materi Siklus Air Terhadap Kreativitas Siswa KelaS V SD Negeri 1 Harjowinangun

Siti Maesaroh, Qoriati Mushafanah, Diana Endah Handayani

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya penguasaan materi, kreativitas, dan minat belajar siswa. Hal tersebut dikarenakan proses belajar masih didominasi oleh guru, dalam pembelajaran guru masih berpatokan pada buku sebagai sumber belajar dan kurang memanfaatkan lingkungan alam sekitar, serta penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hasil dari penerapan model Project Based Learning pada materi siklus air untuk meningkatkan kreativitas siswa di kelas V SD Negeri 1 Harjowinangun. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Eksperimental Design dengan jenis one-group pretest-posttest design yang dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Sampel yang digunakan adalah 27 siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukan peningkatan kreativitas siswa yang meliputi: kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji-t, diperoleh adanya perbedaan yang signifikan nilai kreativitas sebelum dan sesudah pembelajaran, uji t terhadap nilai kreativitas menunjukan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (6,881 > 2,056). Selain itu, ditunjukan pada uji gain untuk tes tertulis sebesar 0,58 dengan kriteria peningkatannya adalah sedang. Sedangkan hasil observasi terhadap kreativitas menunjukan adanya peningkatan setiap aspek kreativitas pada setiap pertemuan dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa.


Keywords


Project Based Learning; Siklus Air; Kreativitas

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey: Pearson Education Inc.

Education, N. D. (2009). Project Based Learning: Inspiring Middle School Student to Engage in Deep and Active Learning. New York: Division of Teaching and Learning Office.

Muhammad Darwis Dasopang, A. P. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Volume 03, Nomor 2, 227-352. Diakses 7 Desember 2022. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/945/795

Pearlman, B. (2006). Project-Based Learning: How Student Learn Teamwork, Critical Thingking, and Communication Skills. A New Skills for A New Century, 51-53. Diakses Pada 4 Desember 2022. http://www.bobpearlman.org/BestPractices/PBL_Research.pdf

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, D. (2001). Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta.

Suratno, T. (2012). Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Sampoerna Foundation Teacher Institute.

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. California : The Autodesk Foundation, 1. Diakses pada 5 Desember 2022. http://www.bie.org/research/study/review_of_project_based_learning_2000




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.17078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siti Maesaroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.