PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO DI KELAS V SDT DARUNNAJAH MRANGGEN DEMAK

Muhammad Yasin Yusuf

Abstract


Hasil observasi di SDT Darunnajah menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia dan motivasi belajar siswa. Metode dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi sehingga menyebabkan pembelajaran yang berlangsung terkesan membosankan. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menerapkan pembelajaran dengan metode Number Heads Together dengan media Audio yang membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan menyimak . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa dalam menerapkan metode pembelajaran Number Heads Together dengan media Audio. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Number Heads Together dengan media Audio pada siswa kelas V SDT darunnajah dapat meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa dalam kemampuan menyimak. Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yaitu pada siklus I memperoleh rerata nilai 63,9 dan ketuntasan belajar klasikal 64,6%, siklus II memperoleh rerata nilai 73,4 dan ketuntasan belajar klasikal 76,9%, dan siklus III memperoleh rerata nilai 80,0 dan ketuntasan belajar klasikal 92,0%.


Keywords


Hasil belajar, Media Audio, Number Heads Together

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharjono, Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada. Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Kelas V. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang, Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang, Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22. 2006 . Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta : Menteri Pendidikan Nasional.

Riyanto, Joko. 2010. Penggunaan Media Audio Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas V SDN Buara 02 Ketanggungan Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Santoso, P. dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Cetakan Kesembilan.

Tarigan, Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Djago.,dkk. 2006. Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovativ Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.17110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 muhammad yasin yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal indexed by  

Copyright of Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.