PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEETS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SUDUT KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pengembangan produk E-LKPD berbasis Liveworksheets pada mata pelajaran matematika materi sudut kelas IV SD dan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan produk E-LKPD berbasis Liveworksheets pada mata pelajaran matematika materi sudut kelas IV SD.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Ampelgading yang berjumlah 14 peserta didik. Hasil penelitian diperoleh dari validasi ahli media dan ahli materi serta angket tanggapan dari guru dan peserta didik. Hasil dari 2 validator media mendapat nilai dengan rata-rata 98% dengan hasil perhitungan realibitas menghasilkan nilai 98% sedangkan hasil dari 2 validator materi mendapat nilai dengan rata-rata 96,65% dengan hasil perhitungan reliabilitas menghasilkan nilai 99,3%. Disimpulkan bahwa data atau nilai akhir dinyatakan valid dan realibel. Hasil tanggapan guru mendapat hasil 96% sedangkan hasil tanggapan peserta didik mendapat hasil 98%. Dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis LiveworksheetsIni praktis dan layak untuk digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, A. (2014).Peningkatan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Fmipa Pendidikan Matematika Melalui Model Pembelajaran Improvr. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, Vol. 7, Nomor 1, Hal.59-74 (Online).
Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, September, 122-130.
Borich, Gray D. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. New York: MacMilan Publishing Company.
Ferryka, P. Z. (2018). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, 29(100).
Hazlita, S. (2021). Implementasi Pembelajaran dalam Jaringan dengan Menggunakan Instagram dan Liveworksheets pada Masa Pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1142-1150.
Huda, C., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2017). Analisis Buku Ajar Termodinamika dengan Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk Penguatan Kompetensi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1).
Indah, P. J., Saputro, B. A., & Sundari, R. S. (2020). Analysis of Difficulty Learning Operations to Calculate Multiplication and Division during the Pandemic (Covid-19) in Elementary Schools.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, Dan R&D (Sutopo (Ed.); 2nd Ed.). IKAPI.
Supriadi, N. (2015). Mengembangkan kemampuan koneksi matematis melalui buku ajar elektronik interaktif (BAEI) yang terintegrasi nilai-nilai keislaman. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63-74.
DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v4i1.17415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 fadhilah cahyaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.