PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI GROWONG LOR 01 JUWANA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPAS dirasakan masih rendah. Terutama pada materi cahaya dan sifat siswa masih kurang untuk menghafal contoh dari sifat-sifat cahaya serta siswa masih kesulitan untuk menyelesaikan soal uraian menggunakan indikator kemampuan pemecahan masalah, sehingga hasil belajar siswa kurang memenuhi dari nilai KKM mata pelajaran IPAS adalah 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan pemecahan masalah IPAS siswa kelas V SD Negeri Growong Lor 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental Designs bentuk One-Group Pretest-Posttest Design . Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk tes ringkasan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji perenang awal berupa analisis deskriptif, uji normalitas, dan uji Paired Sample T-Test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap kemampuan pemecahan masalah kelas V SD N Growong Lor 01. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan Uji Paired Sample T-test diperoleh bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh pada perlakuan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kelas V SD N Growong Lor 01.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliputri, D. H. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77.
Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).
Astawa, P. A., & Tegeh, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 98–106.
Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya pemahaman konsep untuk mengatasi miskonsepsi dalam materi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130–136.
Ishaq, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas V Sd Negeri 056587 Pantai Sampah Ta 2021/2022. Jurnal Tematik, 12(2).
Monikasari, F., Sugiyanti, S., & Kartinah, K. (2021). Profil pemahaman konsep siswa dalam pemecahan masalah matematika menurut tahapan Polya ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(5), 411–417.
Nadliyah, A., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Natural Science Education Research, 2(1), 33–39.
Oktaviani, L., & Tari, N. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA pada siswa kelas VI SD No 5 Jineng Dalem. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 10–15.
Ramadhani, H. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA tentang Siklus Air melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).
Sinaga, M. S., Purba, N., & Siregar, J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Manfaat Energi Siswa Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3704–3713.
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17579
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Anastasya Nastiti Andriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.