PENGARUH KEAKTIFAN PADA MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAPA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS UNTUK MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Bandungrejo 2 selama proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh keaktifan pada model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok yang signifikan di SD Negeri Bandungrejo 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi terdapat atau tidaknya pengaruh keaktifan pada model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan berpikir kritis materi volume kubus dan balok di SD Negeri Bandungrejo 2. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment desain dengan tipe nonquivalent control group. Hasil dari analisis data menunjukan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti bahwa ada pengaruh antara variabel X terhadap Variabel Y. Nilai R Square (R) sebesar 0,424, nilai yang mengandung arti bahwa pengaruh keaktifan pada model pembelajaran talking stick (X) terhadap kemampuan berpikir kritis (Y) siswa adalah sebesar 42.1% dengan interpretasi koefisien determinasi dalam tingkat hubungan cukup tinggi sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan pada model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi volume kubus dan balok kelas V SD Negeri Bandungrejo 2.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). The Role of Educational Technology in the Perspective of Independent Learning in Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9.
Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47–58. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2349
Kumullah, R., & Yulianto, A. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Talking Stick dengan Media Pohon Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 87–93.
Lidia, W., Hairunisya, N., & Sukwatus Sujai, I. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p081
Mawikere, M. C. S. (2022). Model-Model Pembelajaran. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(1), 117–132. https://doi.org/10.47530/edulead.v3i1.99
Naufal, H. (2021). Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 143–152.
Setyawan, A., Novitri, Q. A., Rahartini, S., Pratiwi, E., Walidain, M. B., Guru, P., Dasar, S., Madura, U. T., & Indonesia, J. T. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD). Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 156–158.
Satriani, S. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1).
Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 298–308.
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17800
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Kurnia Rahma Yulianita, Ari Widyaningrum, Ryky Mandar Sary
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.