ANALISIS LITERASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TIPE SHARED READING PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN SENDANGGUWO 02 SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi peserta didik menggunakan pendekatan whole language tipe shared reading di kelas I SDN Sendangguwo 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Sendangguwo 02 Semarang menggunakan 8 sampel peserta didik untuk diwawancara. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil analisis penelitian dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia sudah menggunakan pendekatan whole language tipe shared reading. Peserta didik antusias dalam kegiatan menyimak, membaca bersama-sama dengan nyaring, dan antusias untuk maju ke depan menuliskan di papan tulis nama-nama hewan yang ada di buku bacaan tanpa ditunjuk oleh guru. Kegiatan literasi baca tulis tahap pembelajaran membuat peserta didik mampu memahami isi buku bacaan. Disimpulkan bahwa melalui literasi menggunakan pendekatan whole language tipe shared reading membuat kegiatan pembelajaran lebih aktif, interaktif, kompak dan menyenangkan. Dengan kegiatan literasi menggunakan pendekatan whole language tipe shared reading dapat membangun interaksi antara guru dengan peserta didik pada kegiatan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggitia, resty cahyani. (2021). Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDN Negeri Katon. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14206
Cahyono, A. H., & Ardhyantama, V. (2020). Pengembangan Literasi Baca Tulis Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar Rahmah Pacitan. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 8–16. https://doi.org/10.24929/alpen.v4i1.36
Hari, S. (2012). Membangun Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Buku Bergambar. Jurnal Pendidikan, April, 7–9.
Hidayati, F., Shobirin, M., & Martanti, F. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Pada Tahap Pembiasaan Membaca. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(1), 22. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3466
Iasha, V. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 17. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.428
Irdawati, Yunidar, & Darmawan. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2918
Kholisoh, S. (2021). Analisis Persepsi Guru Terhadap Metode Shared Reading pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Teks Cerita Pendek di Kelas V MI Al Islam Lesanpuro Kajoran. Skripsi Publikasi, 259.
Lawalata, A. K. (2019). Pengaruh Program Literasi Terhadap Minat Baca Dan Prestasi Belajar Siswa Di Smp Islam Al-Azhaar Tulungagung. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(3), 1–12. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/viewFile/28880/26445
Meha, N., & Rosonah, A. F. (2014). Implementasi Whole Language Approach Sebagai Pengembangan Model Pembelajaran Berbahasa Awal Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Non Formal. Jurnal Pendidikan, 15(2), 68–82. https://doi.org/10.33830/jp.v15i2.415.2014
Mustadi, A. (2020). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar (Vol. 174). UNY Press. https://books.google.co.id/books?id=WZsPEAAAQBAJ&lpg=PA1&ots=BaxzL48I7G&dq=Mustadi%2C A. (2020). Landasan pendidikan sekolah dasar (Vol. 174). UNY Press.&lr&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q&f=false
Mutji, E. J., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133
Nindya, F. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6, 1–10.
Puji, H., & Dewi, K. H. (2022). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 507–519. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1745
Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2018). Scientific Literacy of Students Learned Throught Guided Inquiry. International Journal of Research & Review, 6(3), 357–367. https://www.ijrrjournal.com/IJRR_Vol.4_Issue.5_May2017/IJRR004.pdf
Sasqiah, F. F. (2020). Sekolah sebagai Media Literasi Bahasa Arab di SD Aisyiyah Kota Malang. Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 2, 4, 205–215. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/592
Septiana, T. I., & Ibrohim, B. (2020). Berbagai Kegiatan Membaca Untuk Memicu Budaya Literasi Di Sekolah Dasar. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 41. https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2708
Siti, A., Gusti, Y., Syarif, S. M., & Vina, I. (2021). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. IKAPI.
Suparman, & Nurfisani. (2021). Kemampuan Membaca Nyaring melalui Model Pembelajaran Pair Check Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Sinestesia, 11(1), 41–51. https://doi.org/10.53696/27219283.63
Witanto, J. (2018). Rendahnya Minat Baca Mata Kuliah Manajemen Kurikulum. Jurnal Perpustakaan Librarian, April. https://www.researchgate.net/publication/324182095_Rendahnya_Minat_Baca
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17914
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Kasiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: prasenaarisyanto@upgris.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.