KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN SUNGGINGWARNO 01

Andhika Wahyu Pratomo, Fine Reffiane

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 2  udara bersih bagi kesehatan sub tema 1 cara tubuh mengolah udara bersih kelas V SDN Sunggingwarno 01. Dengan menggunakan model Project Based learning, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengatasi masalah dikelas. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas V SDN Sunggigwarno 01 yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan sata paa penelitian ini mengggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan mengggunakan model Project Based Learnig berbasis youtube pada tema 2 udara bersih bagi kesehatan sub tema 1 cara tubuh mengolah udara bersih dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik . Hal ini dapat dilihat dari hasil awal preetest yang menunjukan 45% peserta didik harus mendapatkan bimbingan karena memperoleh skor dibawah KKM, dan hanya 55% peserta didik yang memperoleh skor diatas KKM. Dan setelah dilakukan tindakan hasil posttest menunjukan peningkatan dengan nilai rata0-rata 79 dengan hanya 20% peserta didik yang memerlukan bimbingan karena memperoleh skor dibawah KKM. Terbukti bahwa penggunaan model Project Based Learning berbasis youtube dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Project Based Learning, Keefektifan, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas

Mayuni, K. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA. . . Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 14–25. meningkatkan penguasaan konsep dan pemahaman hakikat sains siswa. Bandung: UPI Press. [Tesis, tidak diterbitkan]

Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nash, 1993 (dalam Darmojo Hendro, 1992). The Nature of Scienc

Reffiane, F., & Sari, D. R. (2014). Metode Pembelajaran Berkirim Salam dan Soal terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Negeriku Kelas IV SDN 6 Suwawal. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 4(1).

Sugiyono. (2017). Metodel Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Alfabeta.

Sutrisna, G. B. B. (2019). Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Adat Dan Budaya, 4(2), 84–97.

Titu, M. A. (2015). Penerapan Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Jurnal Prosiding Seminar Nasional, 9(2), 179–180




DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andhika Wahyu Pratomo, Fine Reffiane

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Wawasan Pendidikan Journal

ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)

Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.