PENGEMBANGAN MEDIA ETILANG (EVALUASI TEKA-TEKI SILANG) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui kevalidan pengembangan media evaluasi pembelajaran teka-teki silang pada materi sistem pernapasan kelas V Sekolah Dasar. 2) Mengetahui kepraktisan dalam penggunaan media evaluasi pembelajaran teka-teki silang pada materi sistem pernapasan kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah menggunakan metode Research & Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian yang telah di lakukan yaitu media ETILANG “Evaluasi Teka-Teki Silang” valid dan praktis digunakan untuk Sekolah Dasar, media ETILANG “Evaluasi Teka-Teki Silang” desainnya menarik dilengkapi dengan gambar hewan dan gambar manusia, hasil kevalidan media ETILANG “Evaluasi Teka-Teki Silang” telah valid diuji oleh ahli media dari dosen dengan skor 97,5%, ahli materi oleh dosen 88,75%, ahli media oleh guru 98,75%, ahli materi oleh guru 96,75%. Sedangkan respon guru pada media ETILANG “Evaluasi Teka-Teki Silang” memperoleh skor 90% dan respon siswa mendapat skor 97,5%. Media evaluasi ETILANG “Evaluasi Teka-Teki Silang” dapat dikatakan valid dan praktis karena sudah mencapai skor kriteria “sangat baik”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, T., & Pamungkas, I. (2018). Fraudulent Financial Reporting Based of Fraud Diamond Theory: A Study of the Banking Sector in Indonesia. JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), 4(1), 135–136. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jiafe
Agustin, L & Rahmawati, D 2021, ‘Hubungan Pendapatan Keluarga Pengetahuan Ibu Dengan Kejadian Stunting’, Indonesian Journal of Midwifery (IJM), vol. 4, no. 1, pp. 27–32.
Al-tabani, Trianto. (2014). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya : Prenadamedia Group.
Ancok, Djamaludin. 2014. http://ancok.staff.ugm.ac.id/main/pengaruh-tamanterhadap-perilaku-manusia/ diakses pada 15 Mei 2018.
Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
___________(2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
___________(2019). Media Pembelajaran (Edisi Revisi) Cetakan Ke 20. Jakarta: Rajawali Pers
Astiti, K. A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Andi
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2).
Fatria Fita Listari.(2017). ”Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembalajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia.Volume 2. Nomor 1.(hlm 142).
Kemp & Dayton dalam arshad, 2017. dalam kutipan Arsyad, 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Garfindo Perasada.
Oktavia, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Untuk Materi Struktur Bunga dan Fungsinya Siswa Kelas IV SDN Ngerombot Kabupaten Nganjuk. Artikel Skripsi Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Oktaviana, Dwi dan Iwit Prihatin. "Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom". Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2 (2018): 82.
Pramesti, Jatu. 2015. Pengambangan Media Pop up Book Tema Peristiwa Untuk Kelas III SD Negeri Pakem 1. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Univesitas Negeri Yogyakarta.
Rohmawati, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Teka Teki Silang Berbantuan Eclipse Crossword pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII MTs Walisongo Wonokerto, Lumajang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).
Simehate, Rossamina. (2022). Pengembangan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Tema Lingkungan Sahabat kita Kelas V SDN 5 Silih Nara. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (1).
Syaiful Bahari Djamarah Dan Aswan Zain. 2020. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
________. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
________. 2019. Metode Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta
Susanti, S., & Zulfiana, A. (2018). Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16.
Syofiani dkk. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Siswa Melalui pemanfaatan Media Teka-Teki Silang: Menciptakan kelas Yang Menyenangkan. Jurnal Ta’dib, Vol 21 (2), (Juli-Desember) ISSN : 1410-8208. Batu Sangkar : IAIN
Wiarto, Giri. 2016. Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Claksitas.
Wirani, N. D. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Berbantu Media Teka-Teki Silang Pada Mata Pelajaran Marketing Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk Di SMK Ketintang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3).
Wulan, N. P. J. D., Suwatra, I. I. W., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka-Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal EDUTECH Undiksha, 7(1), 66-74
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.18717
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Lya Amanda Wulansari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.