PENGEMBANGAN MEDIA KADO (KARTU DOMINO) DALAM KONTEKS PENGGABUNGAN DAN SISA PADA BILANGAN CACAH UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS 1 SDN 2 RINGIN
Abstract
Penggunaan media memiliki nilai penting tersendiri bagi siswa maupun bagi guru. Di SDN 2 Ringin guru menggunakan tangan sebagai media pada materi pertambahan dan pengurangan. Sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran untuk membantu guru dalam mengajar. Media Kado (Kartu Domino) merupakan modifikasi dari kartu domino yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kartu domino sebagai media pendukung dan untuk mengetahui tingkat kevalidan pengembangan kartu domino pada materi penggabungan dan sisa terhadap perkembangan kognitif anak. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan langkah – langkah ADDIE sebagai pijakan. Populasi pada penelitian dan pengembanngan ini adalah 12 siswa kelas 1 dan 1 orang guru kelas 1.Pengolahan data diambil dari validasi media dan materi, angket tanggapan siswa, dan angket tanggapan guru. Hasil validasi ahli media pembelajaran sebesar 80%, validasi ahli materi 76%, hasil angket tanggapan guru 78% dan hasil tanggapan siswa 78,3%, hal ini menunjukan bahwa media Kado (Kartu Domino) berhasil dalam pengembangan media dan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik. Saran yang peneliti sampaikan adalah media Kado ini dapat digunakan menjadi alternatif media yang menyenangkan dan melibatkan seluruh siswa serta dapat menumbuhkan minat belajar siswa sehingga pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2370-2376.
Arnidha, Y. (2015). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan cacah. JURNAL e-DuMath, 1(1).
Astuti, R., Nuvitalia, D., Artharina, F.P. and Mujilah, M., 2023. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Di SDN Sambirejo 02 Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), pp.136-148.
Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal ilmu pertanian dan perikanan, 2(2), 127-133.
Cholifah, T. N. (2020). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD, 6(02), 179-194.
Dewi, S., Kartinah, K. and Harun, L., 2019, August. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Kontekstual Berdasarkan Gaya Belajar Visual. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 4, pp. 346-351).
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1).
Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI).
Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59-75
Rohani, R. (2020). Media pembelajaran.
Setiawan, Y. U., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Kartu Domino Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(1), 1-12.
Sujiono, Y. N., Zainal, O. R., Rosmala, R., & Tampiomas, E. L. (2013). Hakikat Pengembangan Kognitif. Metod. Pengemb. Kogn, 1-35.
Suyanto, S (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.
Vebrian, R., & Putra, Y. Y. (2019). Desain Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Menggunakan Konteks Bangka Belitung untuk Mendukung KBKM Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 11-24.
Zulfiqor, I., Rofian, R. and Kartinah, K., 2023. Analisis Dampak Dari Penggunaan Media Congklak Ditinjau Dari Kemampuan Numerasi Pada Siswa Kelas II Sdn 04 Kabunan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), pp.79-91.
DOI: https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.18858
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Digita Nikmaturohmah, Kartinah, Filia Prima Artharina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wawasan Pendidikan Journal
ISSN 2807-5714 (Print), ISSN 2807-4025 (Online)
Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd.
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.